Bisnis&EkonomiPemerintahanRohul

Warga keluhkan isi tabung gas Elpiji 3 kg tidak sesuai takaran.

ROHUL, Riauandalas.com-Beberapa warga Desa Puo Raya, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu mengeluhkan perihal isi tabung gas Elpiji 3 Kg yang tidak sesuai takaran aslinya.

“Tabung gas Elpiji 3 Kg yang saya beli ini tidak penuh, terlihat selang regulator tidak full, biasanya tidak begini, namun sudah satu bulan belakangan saya beli tidak penuh isi gasnya,” tegas salah seorang warga Desa Puo Raya, pada Jum’at (14/08/2020) .

Beberapa warga menduga, gas tersebut dicampur air didalam tabung gas seberat 3 Kg itu. Diduga juga ada oknum yang tidak bertanggung jawab yang bermain dibalik semua ini.

Nada serupa juga disampaikan oleh salah seorang Ibu Rumah Tangga yang juga beralamat di Desa Puo Raya, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu.

“Benar bang, isi tabung gas Elpiji 3 Kg sekarang tidak penuh atau tidak sesuai takaran aslinya. Ini bisa dilihat dari regulator selang gasnya,” kata Ibu Rumah Tangga yang enggan di sebutkan namanya.

Di tempat terpisah, Sutono selaku Koordinator LSM Tipikor Kriminalitas DPD Kabupaten Rokan Hulu menyampaikan agar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Rokan Hulu memberikan tindakan tegas terhadap para oknum pemilik pangkalan maupun agen – agen gas Elpiji 3 Kg, jika nantinya terbukti menjual gas Elpiji 3 Kg yang tidak sesuai takaran.

Hal ini disampaikan Sutono, di rumah kediamannya Desa Puo Raya, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, pada Jum’at (14/08/2020) siang.

Sutono juga menyampaikan bahwa hal ini juga dialami oleh istrinya, yang membeli gas Elpiji 3 kg tidak sesuai takaran. Diketahui dari regulator selang gasnya tidak full seperti biasanya bahkan hanya menunjukkan separuh.

Lebih lanjut Sutono berharap agar Disperindag Kabupaten Rokan Hulu segera melakukan pengecekan langsung kelapangan atas adanya keluhan masyarakat terkait dugaan takaran tabung gas Elpiji 3 Kg yang tidak sesuai.

“Saya berharap agar pihak Disperindag Kabupaten Rokan Hulu turun langsung bersama metrologi untuk memastikan bahwa isi tabung gas Elpiji 3 Kg itu dijual masih dalam ambang batas atau standar yang boleh diperjual belikan”. Ungkapnya.