PemerintahanRohil

Penyerahan Bantuan Warga Kebakaran, Bupati Rohil : Jangan Lihat Besar Kecilnya, Musibah Ini Ujian.

ROKAN HILIR, Riauandalas.com – Hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran Idul Fitri 1441 H, Bupati Rokan Hilir, H Suyatno Amp langsung bergerak cepat kembali menemui warga masyarakat khususnya yang tertimpa musibah kebakaran.

 

Dimana, kedatangan orang nomor wahid di negeri seribu kubah itu adalah untuk menyerahkan bantuan kepada warga yang menjadi korban kebakaran di dua lokasi yang berbeda,  yakni Kepenghuluan Balam Jaya kecamatan Balai Jaya dan Kepenghuluan Bagan Batu Barat,  kecamatan Bagan Sinembah.

 

Berdasarkan pantauan dilapangan,  Selasa (26/5/2020) dalam penyerahan bantuan tersebut Bupati Rokan Hilir juga turut didampingi oleh Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi SIP MIPol,  Waka Polres Rokan Hilir, Kompol James IS Rajagukguk Sik MH, Ketua DPRD Rokan Hilir,  Maston dan anggota DPRD,  Maria Tambunan, Kepala Dinas Sosial, dr HM Junaidi Saleh MKes, Kepala BPBD Rokan Hilir,  Ari Dharma, Camat Balai Jaya, Samsuhir Spd, Datuk Penghulu Balam Jaya, Suryadi Ssos dan Camat Bagan Sinembah,  Sakinah SSTP Msi, datuk penghulu Bagan Batu Barat,  Zulfan Efendi SE.

 

“Musibah ini sebagai ujian bagi kita semua khususnya masyarakat yang menjadi korban dan harapan kami, semua tabah dan sabar dalam menghadapinya,” ujar bupati saat menyerahkan bantuan, Selasa (26/5/2020).

 

Menurut bupati , bantuan yang diberikan jangan dilihat dari besar kecilnya tetapi dimaknai sebagai bentuk kepedulian pemerintah atas musibah yang dialami masyarakat dan menjadi korban bencana.

 

“Tetapi manfaatkan bantuan yang ada ini sebaik-baiknya dan sesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing,” ujar Suyatno.

 

Ditekankan, Pemkab Rokan Hilir sudah menyiapkan paket bantuan yang bisa segera disalurkan kepada korban bencana termasuk korban musibah kebakaran yang menghanguskan rumah-rumah warga.

 

“Seperti bantuan yang langsung kami serahkan ini, sudah disiapkan instansi terkait seperti BPBD dan Dinas Sosial sehingga bisa segera disalurkan terutama bahan makanan untuk keperluan warga,” ungkapnya.

 

Dimana peristiwa kebakaran pertama tepatnya sehari menjelang hari raya Idul Fitri 1441 H,  atau Sabtu (23/5) sekitar pukul 16.30 wib tepat di jalan Jendral Sudirman, daerah Kampung Lalang Kepenghuluan Bagan Batu Barat Kecamatan Bagan Sinembah.

 

Peristiwa kebakaran yang sempat menghebohkan warga perbatasan itu menyebabkan setidaknya tiga pintu rumah,  masing-masing ditempati oleh Moko (55), Ayu Sinaga (32) dan Lili Puspita Sari (27).

 

Dan peristiwa serupa juga terjadi disekitaran jalan Nangka KM 35 kepenghuluan Balam Jaya kecamatan Balai Jaya, tepatnya pada Senin (25/5) pagi kemarin dan menimpa korban Lismayani (46).

 

Ironisnya, peristiwa kebakaran ini dipicu oleh rasa kesal anak korban yang mengalami gangguan jiwa, Monalisa Anggraini (22) akibat kerap terjadi pertengkaran antara ibu dan anak ini.

 

Dimana sebelumnya pelaku hanya membakar boneka kesayangannya dengan menggunakan mancis. Namun karena teledor sehingga api membesar hingga menyambar barang-barang yang ada didalamnya sehingga api membesar dan melalap rumah tersebut. (Jon / said)