PekanbaruPendidikanRiau

Libur Sekolah Diperpanjang 30 April, Ini Hasil Rapat DPRD Provinsi Riau.

Pekan Baru, Riau Andalas Com – Komisi V DPRD Riau menggelar Rapat Dengar Pendapat dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau guna membahas permasalahan belajar-mengajar di Sekolah secara daring, Senin (13/4/2020).

.RDP yang digelar di Ruang Rapat Komisi V ini, dipimpin Ketua Komisi V Eddy A M Yatim dan didampingi anggota Komisi V DPRD Riau lainnya. Sementara dari Dinas Pendidikan dihadiri oleh Sekretaris Ahyu Suhendra beserta Kabid PKMK, SMK, SMA.

.Dalam RDP tersebut dibahas tentang arahan Gubernur tentang system belajar mengajar daring sampai tanggal 15 April dan akan diperpanjang hingga 30 April atau akhir bulan.

Selaku Komisi yang membidangi permasalahan Pendidikan, Komisi V DPRD Riau meminta Dinas Pendidikan untuk mengurai teknis hasil dari pembelajaran dari rumah ini dan juga pergeseran dana sehubungan dengan efek dari Covid19.

.Menanggapi hal itu, Ahyu suhendra menerangkan jika system yang berjalan selama ini adalah Pembelajaran daring tersebut dapat diakses melalui aplikasi ruang guru dan sipintar untuk aplikasi daerah Riau.

“setiap guru harus dapat memberikan perencanaan materi dan tugas pada kepala sekolah tentunya bagaimana belajar para siswa ini dapat efektif,”Katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Ahyu, aplikasi yang digunakan adalah ruang guru yang dapat diakses online dan òffline dan siswa juga dapat menerima try out dan soalan pertanyaan tugas 47 sekolah di Riau. “Aplikasi ini sudah free (gratis) jika tidak memungkinkan bisa offline dan melalui pesan WA,”Jelasnya.

.

Untuk penerimaan siswa baru sendiri kata Ahyu lagi harus ada juknis yang tepat dan jelas, contohnya “siswa pindahan, zonasi disepakati (radius), anak tidak mampu miskin dan anak yatim.

.”Sementara untuk pergeseran dana pendidikan di Riau sesuai arahan Mentri Pendidikan ada dana BOS, untuk Riau di prioritaskan mana yang harus didahulukan, kita boleh mengutamakan akses tapi jangan melupakan mutu,”tutupnya.(Said)***