PemerintahanRohul

Bupati Hadiri MPTB BUMDesa Luberti Jaya Desa Lubuk Bendahara Timur

Rokan IV Koto – Dalam Kunjungan Kerjanya ke Kecamatan Rokan IV Koto, Selian bersilaturrahmi menyerap asprasi masyarakat, Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman juga menghadiri Musyawarah Pertanggungjawaban Bumdesa (BUMDesa) Luberti Jaya Desa Lubuk Bendahara Timur, Jum’at (24/1/2020).

 

Dikegiatan itu, selain dihadiri Bupati Sukiman, tampak juga dihadiri Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Ketua DWP Rohul Hj Neti Haris, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos, Camat Rokan IV Koto Alfarid Toha SP, Kepala Desa Lubuk Bendahara Timur Fahri Abdullah, Kepala Desa Lubuk Bendahara Rinaldi, Direktur Bumdesa Luberti Jaya dan ratusan masyarakat  dan pemanfaat Bumdesa Luberti Jaya.

 

Kepala Desa Lubuk Bendahara Timur Fahri Abdullah saat menyampaikan Laporan MPTB Luberti Jaya mengatakan Bumdesa Luberti Jaya berdiri pada tanggal 6 Januari 2011 yang pada awalnya hanya memiliki satu unit usaha yaitu unit usaha simpan pinjam (SPP).

 

Namun Setelah berkembang, diakui Fahri, Bumdesa Luberti Jaya membuka unit usaha baru transaksi online pada awal bulan Februari 2019 yang bekerjasama dengan bank BNI 46.

 

“Selain unit usaha simpan pinjam, kita juga bergerak dalam unit usaha transaksi online yang melayani transfer pembayaran angsuran kredit bekerjasama dengan Bank BNI 46,” katanya

 

Lanjut Fahri, sehingga per 31 Desember 2019 BUMDesa Luberti Jaya memperoleh Laba Usaha Bumdesa (LUB) dari simpan pinjam dan transaksi online sebesar Rp 43.029.317. Maka diperoleh Laba LUB tahun 2019 sebesar Rp 41.108.105.

 

“Sehingga dari jumlah Laba tersebut dapat menyumbang Pendapatan asli desa (PADes) 10% untuk Desa Lubuk Bendahara Timur sebesar Rp 4.302.000.

 

Fahri mengaku tunggakan pemanfaat Bumdesa Luberti  Jaya cukup tinggi, Tunggakan modal kerja per 31 Desember 2019 sebesar Rp 144.848.556. Kedepannya, pihaknya akan memberikan pengertian kepada masyarakat agar bisa membayar tunggakan tersebut.

 

Untuk rencana kegiatan tahun 2020, Tambah Fahri, Bumdesa Luberti Jaya akan membuka unit usaha toserba berupa bahan bangunan, perlengkapan jenazah yang bersumber dari modal dari Bankeu Provinsi Riau tahun 2019.

 

“Kemudian pengembangan transaksi online modal dari Bankeu Provinsi Riau tahun 2019, penurunan tunggakan dan pembukaan Agrowisata modal dari Bankeu Provinsi Riau.

 

Dihadapan Bupati, Kades Fahri juga meminta kepada Bupati Sukiman untuk  membangun jalan aspal penghubung Desa Lubuk Bendahara Timur dengan Desa Sukadamai Kecamatan Ujung Batu.

 

Sementara itu, Bupati  Sukiman mengau lebih kurang selama satu minggu ini terus berkeliling mengunjungi Desa untuk bersilaturrahmi dengan warga dan menghadiri MPTB. Diakuinya, memang setiap Bumdesa memiliki unit usaha berbeda dan laba yang berbeda.

 

Ia mengakui Bumdesa Luberti Jaya memang sudah cukup bagus, Namun ia berharap kedepannya Pengelola Bumdesa harus membuat terobosan baru dan inovatif dalam mengelola Bumdesa. Pengembangan program unggulan Desa dapat meningkatkan perekonomian desa akan terbangun.

“Bumdesa Luberti Jaya ini sudah cukup bagus, namun kedepannya lebih ditingkatkan lagi,” ujarnya

Terkait Permintaan untuk Kades Lubuk Bendahara Timur untuk mengaspalkan jalan penghubung ke Desa Sukadamai, Sukiman mengaku untuk infrastruktur jalan, diakuinya saat ini memang konsern Pemkab membangun infrastruktur desa sesuai dengan Mottonya “Membangun Desa Menata Kota”.

 

Untuk pembangunan jalan tersebut dia minta masyarakat bersabar, Pemkab akan berupaya membangun jalan tersebut secara bertahap menyesuaikan kemampuan keuangan daerah. Pasalnya pada tahun ini Pemkab juga menaikkan gaji Guru MDA dari 200 ribu per bulan menjadi 400 ribu. Sementara Imam Mesjid dan Bilal 400 Ribu per bulan.

 

“Selain itu kita naikkan gaji Petugus Penyelenggaraan Jenazah 6 juta per kelompok/tahun, Insentif Kader Posyandu,  KBM dan KBMD 25ribu menjadi 100rb, Bantuan Operasional untuk RW sebelumnya 300 ribu naik jadi 400 ribu/bulan dan RT yang biasnya 270 ribu naik  menjadi 375 ribu,” pungkasnya. (Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *