INHUPemerintahan

Akhir nya RAPBD 2020 di sah kan menjadi APBD 2020.

INHU,Riauandalas.com-APBD Inhu tahun anggaran 2020 sebesar Rp 1,498 Triliun lebih akhirnya disahkan, Sabtu malam (30/11/19) sekira pukul 22.00 Wib.
Pengesahan R-APBD dikemas dalam rapat paripurna pengambilan keputusan DPRD Inhu tentang rancangan APBD di gedung DPRD Inhu di Pematangreba.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Inhu Samsudin didampingi Wakil Ketua I Masyrullah, dan wakil ketua II H Suwardi, 33 orang anggota DPRD Inhu periode 2019-2024, Sekwan Kuwat Widianto, Forkompimda, kepala OPD BUMN dan BUMD.

Sedangkan Sekdakab Inhu Ir Hendrizal MSi, hadir mewakili Bupati Inhu yang sedang dinas luar dan mendapat mandat nota dinas dari Bupati Yopi.

Mengawali pembukaan rapat paripurna Ketua DPRD Inhu Samsudin membacakan mandat dari Bupati Inhu H Yopi Arianto SE mendelegasikan nota dinas kepada Sekda Hendrizal menghadiriri rapat paripurna mewakili Bupati.

Mandat tersebut mendapat justifikasi dari anggota Banggar DPRD Inhu Halason Sinaga sudah mengacu pada Tatib Dewan periode lima tahun silam karena Tatib Dewan tahun 2019 belum di undangkan atau dalam tahap telaah Pemprov Riau.

Saya harus minta pendapat sekalian kawan kawan anggota DPRD Inhu yang terhormat, apakah kita sepakat dan setuju R-APBD menjadi APBD?,” tanya Samsudin dan dijawab setuju olah anggota lalu disahkan dengan mengetuk Palu.

Sebelumnya Rizal Zamzami mewakili Banggar mengatakan RKA seluruh OPD Pemkab Inhu telah dibahas dan sepakat asumsi belanja, penerimaan dan pendapatan Pemkab Inhu tahun 2020 memdatang sebesar Rp 1,498 Triliun lebih.

Sedangkan Sekdakab Inhu Ir Hendrizal mengatakan prediksi  pendapatan, penerimaan dan belanja selama setahun depan tercatat hanya sekitar  Rp 1,3 Triliun lebih sehingga untuk menembus angka asumsi pendapatan dan belanja di tahun 2020 sebesar Rp 1,498 Triliun lebih dapat tertutup dari Silpa tahun 2019 sekitar 100 Miliyar lebih.

Sebelumnya Kemendag RI mempenalti batas akhir pengesahan R-APBD diseluruh Kabupaten Kota dan Provinsi paling lambat satu bulan sebelum akhir tahun. Untungnya 2 jam sebelum di pinalti R-APBD Inhu 2020  akhirnya disahkan, Sabtu (30/11’2019) sekira pukul 22.00 Wib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *