Hukum&KriminalRohil

Kapolsek Bangko, Akui Keberanian AnggotaNya Azwar Yang Menangkap Pelaku Pembakaran Lahan Dan Hutan.


Rokan Hilir Riau Andalas Com – Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH ,Apresiasi untuk Brigadir Azwar BhabinkamTibmas Kelurahan Bagan Barat, Lantaran Azwar Tersebut Diakui Keberanianya Telah menangkap pelaku pembakaran Hutan Dan Lahan(Karhutla).

Hal Itu DisampaiKan Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH Kepada Riau Andalas Com Kemaren.

Di Katakanya, setelah Beberapa Pekan Tim Polsek Bangko melaksanakan pemadaman Dan Pendinginan di lokasi (karlahut) Yang Berada Di Jl Praka Wahyudi Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar.

“Pada hari senin tanggal 16 september 2019 Bhabinkamtibmas Kelurahan Bagan Barat Brigadir azwar yang pada saat itu sedang melakukan pemadaman telah berhasil menangkap pelaku kebakaran hutan dan lahan (Karlahut) tepatnya di Ladang EP di Jalan Prawaka Wahyudi Rt 005 Rw 005 Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar, Kecamatan Bangko, berdasarkan LP/92.a/IX/2019/Riau/Res Rohil/Sek Bangko Tanggal 16 September 2019,”Terang Kapolsek.

Adapun pelaku pembakaran hutan dan lahan merupakan warga Jalan Praka Wahyudi EP (38) Alias Edi yang beralamat di Rt 05 Rw 05 Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar.

“Tim unit reskrim Kepolisian sektor bangko juga Telah menggelar rekonstruksi ditempat kejadian perkara ,untuk kepentingan penyidikan bersama saksi saksi Sunarto (55) yang beralamat di Mekar Mulia Kampung Medan Rt 005 Rw 005 Kepenghukuan Labuhan Tangga Besar, dan Nuriyatin (57) yang beralamat Juga di Dusun Mekar Mulia Kampung medan rt 05 rw 05 Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar,”UngkapNya.

Kapolsek Bangko, MengungkapKan seperti kronologis kejadian sewaktu penangkapan yang di lakukan oleh Brigadir azwar Bhabinkamtibmas Kelurahan Bagan Barat Itu, pada saat itu Brigadir Azwar sedang melaksanakan pemadaman Api di(TKP) Karhutla.

Namun, setelah isoma sekira pukul 15.00 wib, Brigadir azwar Pun Melihat Asap mengepul dari kebun sawit milik warga yang di jaga oleh pelaku, Lantas Lanjut Kapolsek, Brigadir Azwar Bersama Tim Pemadaman karhutla mengecek dan melakukan pemadaman di (TKP)tersebut.

Sesampai di(TKP)tersebut Brigadir Azwar merasa ada kejanggalan di titik api Itu yang mana api yang hidup nampak terarah dan kelihatan sengaja dibakar Sehingga api tersebut membesar Dan Justru ikut membakar lahan yg dijaga oleh pelaku.

“Kemudian Brigadir Azwar mencari pelaku, dan melihat pelaku berpura pura ikut serta memadamkan api, setelah dilakukan intrograsi oleh brigadir azwar pelaku pun mengakui perbuatan yang telah dilakukan oleh pelaku, yaitu dengan cara membakar lahan sepadan dengan alasan menyekat api.kenyataan nya api tersebut berasal dari mancis pelaku dengan membakar rumput yang kering di sepadan atau batas tanah tersebut,”Jelas Kapolsek.

Kapolsek Bangko, Kompol Sasli Rais SH Menambahkan, Bahwa Pihak Nya Melakukan Koordinasi, setelah mendapat petunjuk dari Dirinya Sebagai Pimpinan, Brigadir azwar langsung mengaman kan pelaku kepolsek bangko dan barang bukti(BB)1buah mancis yang digunakan pelaku untuk membakar lahan tersebut.

“Dengan terungkapnya pelaku pembakar lahan dan hutan ini,mudah mudahan institusi kepolisian pun memberikan reward kepada Brigadir Azwar seorang Bhabinkamtibmas yang berani menangkap dan mengamankan pelaku pembakar hutan dan lahan seperti janji pimpinan Polri Sebelumnya,”TandasNya.(Said)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *