Bisnis&EkonomiPemerintahanRohil

Kepenghuluan Pasir Putih,Serap Posyanteg & I novasi Desa,Prioritaskan Ternak Itik Petelur dan ikan lele

ROHIL,Riauandalas.com-Ternak itik petelur dan ikan lele dianggap pilihan tepat bagi Masyarakat Kepenghuluan Pasir putih Kecamatan Balai Jaya dalam Peningkatan kesejahteraan Masyarakat ,Kegiatan ini merupakan bahagian dari Program “Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (POSYANTEG) dan Inovasi Desa .
Posyanteg dan Inovasi Desa, .berbasis Pedesaan Yang di programkan Pemerintah untuk meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Pedesaan,meliputi Pertanian dan Peternakan yang selama ini belum terakomodir .
Hal itu di tuturkan Dedi Kurniawan selaku Sekdes Pasir putih usai acara Halal Bil Halal Kepenghuluan sekaligus Penyampaian dan Pembentukan Kelompok Tani “Makmur Berkarya di Aula Pertemuan Kantor Kepenghuluan Senin 24 Juni 2019.
Dalam Penyampaiannya kepada Riau Andalas.comSenin 24 Juni 2019″Posyanteg adalah Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna untuk masyarakat Pedesaan dimana potensi para petani yang belum tersalurkan karena keterbatasan perhatian Pemerintah, sehingga belum optimal,Demikian halnya  Inovasi Desa yang disambut antusias Masyarakat karena dapat mendorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat lewat Budidaya Itik Petelur dan Pemeliharaan ikan lele yang di canangkan pada acara rapat pembentukan Kelompok Tani .
Yuli ‘selaku Penyuluh Pertanian lapangan (PPL) Kepenghuluan Pasir putih tampak hadir guna berikan spirit kepada Masyarakat yang hadir pada rapat itu tentang pentingnya usaha berkelompok disamping Kontribusi yang positif dan menambah Ekonomi ,dengan demikian akan tercapai kesejahteraan ,terangnya.
Posyantek dan Inovasi Desa bersumber dari Dana Desa(DD) ,yang nantinya akan di gelontorkan sebesar Rp 50.000.000 pada kelompok Tani yang di bentuk dan di bimbing oleh tenaga Penyuluh pada bidangnya.
Meski tidak semua pemaparan yang disampaikan,namun Masyarakat yang hadir pada acara tersebut dapat memahami betapa pentingnya berkelompok,mengingat peternakan Itik petelur dan pemeliharaan ikan lele selama ini di lakukan secara individu sehingga tidak optimal baik dalam permodalan maupun penjualan hasil usaha mereka.
Semoga Penantian Masyarakat dalam pelayanan tepat guna dan berhasil guna dapat terealisasi…semoga….!!!  (Ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *