AndalasPemerintahanSosial&Budaya

Plt Bupati Labuhanbatu Salurkan Zakat di Pangkatan

salah seorang warga menerima bantuan

LABUHANBATU, Riauandalas.com-Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) salurkan bantuan kepada masyarakat di Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu yang dilaksankan di lapangan PT Pangkatan Indonesia, Jum’at (1/3/2019).

Pada sambutannya Plt. Bupati Labuhanbatu menyampaikan bahwa Baznas adalah lembaga yang mengelola zakat secara nasional dan sudah diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah  No. 14 Tahun 2014. Pemkab Labuhanbatu telah memberikan surat edaran kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk dapat menyalurkan zakat ke Baznas.

“Tahun ini Pemkab akan membuat regulasi kepada para pengusaha perkebunan dan pihak swasta, kiranya dapat mengumpulkan zakatnya di Baznas, saya tidak mau dengar ada uang Baznas yang tidak jelas kemana perginya, saya menginginkan Baznas harus jelas dan transparan,” jelas H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT

H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT tetap optimis untuk mengurangi kemiskinan di Kabupaten Labuhanbatu, melalui trobosan baru dari Baznas, dengan harapan Baznas kedepannya semakin berkembang dan amanah dalam menyalurkan bantuan-bantuan kepada masyarakat tidak mampu.

“Saya ingatkan kepada ketua Baznas, bahwa, satu rupiah pun uang ini tidak boleh dipakai untuk kepentingan pribadi,  dan saya punya tanggung jawab untuk melindungi uang tersebut, saat ini adapun uang yang terkumpul di Baznas sebesar Rp. 2.100.000.000,-,” tegas Plt. Bupati.

Andi Suhaimi mengungkapkan, di tahun 2019 Pemkab memiliki program pemberian dana hibah ke Panti Asuhan se-Labuhanbatu masing-masing sebesar Rp.50.000.000,- pesantren sebesar Rp.100.000.000,- dan dana hibah untuk ibadah umroh.
“Kita telah melakukan bedah rumah sebanyak 2 unit, saya juga sudah mendesain tanah di sekitaran SMA Negeri 3 yang sudah lama tidak di kelola, disitu akan kita buat taman cerdas untuk para murid menimba ilmu, dan juga ada sarana olahraga, serta kolam renang, semoga Labuhanbatu semakin maju kedepannya,” Harap Andi Suhaimi Dalimunthe.

Pada kesempatan itupula Andi Suhaimi menyampaikan, pada tanggal 18 Maret 2019, Menteri Kemaritiman Luhud Binsar Panjaitan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu, guna mewujudkan rencana pembangunan bandara yang ada di  Aek Nabara.
Sementara itu Ketua Baznas Labuhanbatu Erwin Siregar SH menjelaskan ada 5 program yang sesuai dengan Baznas Provsu, yakni program Labuhanbatu sejahtera dan makmur dengan memberikan modal usaha kepada 270 keluarga fakir miskin, selanjutnya program pendidikan kepada 600 siswa miskin, program labuhanbatu sehat, dan program kemanusiaan.
Kegiatan tersebut diwarnai dengan pemberian bantuan kepada 60 orang fakir dan 280 orang miskin dengan masing-masing menerima sebesar Rp.300.000,-  dan Rp.250.000,-, bantuan renovasi rumah kepada Muis Ritonga warga Desa Alur Naga Kecamatan Pangkatan sebesar Rp.10.000.000,-.
Kemudian, bantuan kesehatan kepada Irwanto sebesar Rp.1.000.000,-  bantuan 5 siswa tingkat SMA masing-masing Rp.300.000,- , 6 siswa SMP masing-masing Rp.250.000,- , 12 orang siswa SD masing-masing Rp.200.000,- terakhir bantuan kepada 6 orang bilal mayit masing-masing Rp.200.000,- , dengan total dana bantuan yang disalurkan sebesar Rp.103.400.000,-.

Untuk 8 Kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, Baznas Labuhanbatu akan melaksanakan hal yang serupa seperti yang terlaksana di Kecamatan Pangkatan,  semua Kecamatan akan diproses  dan disalurkan oleh Baznas Kabupaten Labuhanbatu sesuai dengan Kemampuan Kas serta keadaan dilapangan.

Usai memberikan kata sambutan, arahan dan bimbingan dari Plt. Bupati Labuhanbatu acara dilanjutkan dengan tausiah seputar “Wajib mengeluarkan Zakat” yang disampaikan oleh Ustad H.Ahmad Azhar Siregar, S.Pd.I. dan Do’a dibawakan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Labuhanbatu K.H.DarwisHusin,Lc.

(Fendi Harahap)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *