advertorialGaleriPemerintahanRohulSosial&Budaya

MTQ XVII Tambusai Utara Dibuka, Sekda Harapkan MTQ Menjadi Ajang Seleksi Qori dan Qoriah Berprestasi

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Hingga kini, baru Kecamatan Bangun Purba dan Kecamatan Tambusai Utara dari 16 kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), yang menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kecamatan tahun 2019.

Rabu (20/3/2019) kemarin, giliran MTQ XVII Tingkat Kecamatan Tambusai Utara digelar, dan dipusatkan di halaman gedung Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Tambusai Utara di Rantau Kasai Desa Tambusai Utara, yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rohul H. Abdul Haris S.Sos, M.Si.

Pada pembukaan yang juga dihadiri Tokoh Masyarakat Tambusai Utara Sari Antoni SH, Kepala Dinas PMPD Rohul Margono S.Sos, Kapolsek Tambusai Utara AKP Nurman, Perwakilan Danramil, KUA Tambusai Utara, Kades Tambusai Utara Ismar Antoni selaku tuan rumah, serta para Kades se-Kecamatan Tambusai Utara juga lebih dari 2.000 masyarakat.

Pada pembukaan MTQ XVII Tingkat Kecamatan Tambusai Utara, diawali pawai taa’ruf yang berlangsung meriah, bahkan sama meriahnya pada pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Rohul.

Ribuan peserta pawai ta‎a’ruf Pembukaan MTQ Kecamatan Tambusai Utara dari seluruh desa se-Kecamatan Tambusai Utara, resmi dilepas Sekda Rohul Abdul Haris, start dari‎ lapangan Sepak Bola Sultan Zainal Abidin Syah di Rantau Kasai dan finish di lokasi acara, halaman Gedung LKA Tambusai Utara.

Tropy bergilir yang diraih Desa Mahato pada MTQ XVI tahun 2018, juga sudah diserahkan Kades Mahato Firiadi ke Camat Tambusai Utara Mastur S.Sos M.Si, selanjutnya diserahkan ke Kades Tambusai Utara Ismar Antoni selaku tuan rumah MTQ XVII tahun 2019.

Dakam sambutannya Sekda Rohul Abdul Haris yang mewakili Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan, pelaksanaan MTQ bukan hanya sebagai ajang silaturahmi masyarakat, tapi sekaligus menjadi ajang pembinaan, juga seleksi qori dan qoriah terbaik dari seluruh kecamatan yang akan tampil di MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul akan dimulai pada 8 April‎ 2019 mendatang.

Disebutkan Sekda, pelaksanaan MTQ sangat bermanfaat bagi semua. Kemudian, selain sebagai ajang lomba seni membaca Al Qur’an, juga sebagai ajang silaturahmi bagi masyarakat di Kecamatan Tambusai Utara.

“Selama pelaksanaan MTQ beberapa hari ke depan, masyarakat dari seluruh desa se-Kecamatan Tambusai Utara ini akan berkumpul,” ucap Sekda Rohul.

Sekda Rohul juga berharap, melalui MTQ XVII Tingkat Kecamatan Tambusai Utara akan menumbuhkan rasa kebersamaan di antara masyarakat, sehingga nantinya menjadi modal besar bagi Kabupaten Rohul membangun daerah ke depannya.

Sekda Rohul juga mengapresiasi Pembangunan Gedung LKA Tambusai Utara yang megah, yang dibangun melalui dana swadaya masyarakat. Juga berterima kasih ke seluruh Kades dan Tokoh Masyarakat di Tambusai Utara yang punya inisiatif membangun Gedung LKA secara swadaya masyarakat.

Sebutnya, bahwa gedung LKA Tambusai Utara yang dibangun atas partisipasi masyarakat sangat luar biasa megahnya. Dirinya berharap, gedung LKA yang ada bisa dimanfaatkan sebagai tempat menyelasaikan setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat, dan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat.

Kemudian, keberadaan gedung LKA Tambusai Utara juga diharapkan jadi solusi bagi masyarakat untuk menyelenggarakan kegiatan adat dan membangun Desa Tambusai Utara menjadi modal untuk kebaikan pembangunan Kabupaten Rohul.

Dimana sebelum mengakhiri sambutannya, Sekda Rohul Abdul Haris juga berpesan ke Camat Tambusai Utara termasuk tokoh masyarakat, agar bisa manfaatkan gedung LKA setempat, juga mengajak anak kemenakan untuk lebih mengarahkan kepada hal-hal lebih baik.

Kades Tambusai Utara Ismar Antoni mengatakan, kegiatan MTQ XVII Tingkat Kecamatan Tambusai Utara tahun 2019 merupakan wahana dalam menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Alqur’an, bukan semata mencari bibit qori dan qoriah saja.

“Karena target kita sebagai tuan rumah untuk mensukseskan MTQ ini, dimana MTQ tahun ini ada empat cabang diperlombakan, yakni Cabang Tilawah, Fahmil Quran, Sarhil Qur’an dan Ta
[19:46, 3/21/2019] Bang Alfian: “Karena target kita sebagai tuan rumah untuk mensukseskan MTQ ini, dimana MTQ tahun ini ada empat cabang diperlombakan, yakni Cabang Tilawah, Fahmil Quran, Sarhil Qur’an dan Tahfiz Qur’an 1 Juz dan 5 Juz,” jata Ismar Antoni.

Ismar juga mengaku, MTQ XVII Tingkat Kecamatan Tambusai Utara dilaksanakan selama tiga hari, 20 hingga 23 Maret 2019. MTQ tahun ini, diikuti 169 peserta dari 11 desa se-Kecamatan Tambusai Utara, seperti Desa Tambusai Utara 22 peserta, Desa Mahato 23 peserta, Desa Bangun Jaya 24 peserta.

Kemudian, untuk Desa Suka Damai 10 peserta, Desa Payung Sekaki 12 peserta, Desa Pagar Mayang 10 peserta, Desa Mekar Jaya 22 peserta, Desa Rantau Sakti 22 peserta, Desa Tanjung Medan 22 peserta, Desa Simpang Harapan 2 peserta, sedangkan Desa Mahato Sakti tidak mengirimkan peserta.

Ismar menyatakan, bahwa suksesnya MTQ XVII Tingkat Kecamatan Tambusai Utara tidak terlepas dari dukungan seluruh pihak. Dirinya berterima kasih ke Sekda Rohul, Tokoh Masyarakat Tambusai Utara Sari Antoni, Camat Tambusai Utara Mastur, KUA, serta Kapolsek Tambusai Utara AKP Nurman serta jajaran atas kerjasamanya dengan panitia dan seluruh masyarakat Desa Tambusai Utara, serta para donatur.(ADV/ Pemkab Rokan Hulu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *