RiauRohulSosial&BudayaTravel

Menakjubkan…Masjid Agung Islamic Center Pasir Pangaraian Tak Pernah Sepi Dari Pengunjung

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Hingga saat ini, Masjid Agung Madani Nasional Islamic Centre Pasir Pangaraian, di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, hingga saat ini masih dibanjiri para pengunjung, dari berbagai jemaah dan masyarakat baik dari Riau, dan provinsi tetangga lainnya.

Diakui Humas Masjid Agung Madani Nasional Islamic Centre Pasir Pangaraian, Husni Budiman, Jumat (6/4/2018), biasanya pengunjung yang datang mereka yang sudah pernah berkunjung.

“Umumnya, mereka datang kembali ke Rohul untuk mengikuti pelaksanaan ibadah shalat lima waktu, serta kegiatan lainnya. Sejumlah jemaah mengaku, mereka nyaman beribadah di Masjid Agung Madani yang jadi kebanggan dan ikon masyarakat Negeri Seribu Suluk,” ungkap Husni Budiman.

Selain tempat ibadah yang memang dibangun permenan, Husni Budiman juga mengaku, Masjid Agung Madani yang dikelola di bawah Yayasan juga memiliki beberapa jenis usaha, yang dikelola di Bisnis Centre Masjid Agung Madani Rohul.

“Karena di Masjid Agung Madani memiliki Madani Mart, Menara 99 Asmaul Husna, Studio Foto, Madani Muslim Store, Fitness Centre, Klinik Psikiatri, Konseling Pernikahan, Coffe Shop, juga memiliki Hal Convention yang bisa disewakan untuk berbagai kegiatan pemerintahan, pernikahan serta kegiatan organisasi lainnya.

“Juga dilengkapi perpusatkaan digital, teater mini, selain itu ada SMP Tahfiz serta perguruan Tinggi yang khusus untuk dibina sebagai ahli tafsir Quran. Artinya, dengan konsep di Masjid Agung Madani yang lengkap, terkadang Pemerintah Kabupaten/ Kota baik tetangga atau dari Provinsi luar Riau mereka datang untuk study banding juga ingin melihat dari dekat apa yang membuat Masjid Agung Madani bisa terkenal hingga ke Asis Tengga saat ini,” jelas Husni Budiman lagi.

Kata Husni Budiman lagi, sampai kini pihak pengelola Masjid Agung Madani terus menjalankan inovasi dan berbagai program untuk meningkatkan pelayanan umat. Karena, Masjid Agung Madani sendiri dibangun untuk menyiarkan agama Islam di bumi Negeri Seribu Suluk.

Masjid termegah di Asia Tenggara, diberi nama Mesjid Agung Madani Islamic Center (MAMIC) Pasir Pangaraian Rohul, dinobatkan sebagai Masjid Percontohan Paripurna Terbaik se Indonesia pada tahun 2015 oleh Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) melalui  Surat Keputusan Dewan Penilai Masjid Agung Percontohan Kementerian Agama RI Nomor :01/DPM.MA/XI/2015 tentang Penetapan Masjid Agung Percontohan Tingkat Nasional Tahun 2015.

Setelah ditetapkan sebagai obyek wisata religius beberapa waktu lalu, tingkat kunjungan ke masjid termegah penuh pesona tersesebut terus ditingkatkan. Bahkan, catatan Pengurus Masjid Agung Ma­dani Islamic Center Pasir Pangaraian, kunjungan masyarakat ke masjid yang mampu menampung sekitar 10.000 jemaah, rata rata ada 300 pengunjung hingga 500 pengunjung per harinya.

Kunjungan akan meningkat,  pada hari libur kerja, hari besar keagamaan dan hari libur nasional. Seperti pada Sabtu dan Minggu lebih dari 1.000 pengunjung yang menyambangi masjid megah tersebut. ***(Alfian Tob)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *