PemerintahanRohul

2018, Kades Pasir Utama Fokus Pembangunan Infrastruktur

RAMBAH HILIR, Riau Andalas.com– Untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur Desa yang bersumber dari  Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), Pemerintah Desa Pasir Utama, Kecamatan Rambah Hilir fokus dalam pembangunan infrasruktur, karena keterbatasan anggaran, Pembangunan Drainase dilakukan secara bertahap. Hinggga tahun 2018 ini, Pemerintah Desa Pasir Utama fokus pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Desa Pasir Utama, Kecamatan Rambah Hilir Sutarji kepada wartawan, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (4/1/2018).

Sutarji menjelaskan, untuk pembangunan tahun anggaran 2017, Pemerintah Desa Pasir Utama telah melaksanakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, baik pembangunan fisik maupun non fisik yang bersumber dari ADD dan DD.

“Seluruhnya digunakan untuk membangun dan meningkatkan jalan desa. Tahun 2017 ini untuk kegiatan fisik telah kami kerjakan untuk membangun Drainase, Lapangan Bola Voli, MCK, Gapura Desa, sedangkan non fisiknya latihan menjahit ibu, sosialisasi bahaya narkoba dan kegiatan PKK Desa,” kata Sutarji

Lebih lanjut dikatan Sutarji, pembangunan drainase telah di dilaksanakan di RW 1 dan RW 2 secara bertahap dan berkelanjutan, dengan panjang sekitar 350 Meter. Pemerintah Desa Pasir Utama saat ini fokus untuk pembangunan drainase, karena drainase bermanfaat untuk melancarkan debit air dijalan, sehingga tidak cepat merusak jalan.

“Kami saat ini lebih fokus pembangunan drainase, contohnya sudah banyak terjadi di desa-desa lain, jalannya cepat hancur karena tidak berfungsinya drainase, setelah pembangunan drainase ini selesai, baru kami lanjutkan perbaikan jalan, apakah di seminisasi atau di Base tergantung anggarannya,” jelas Sutarji

Sutarji menjelaskan total anggaran untuk pembangunan di tahun 2017 ini sekitar Rp 900 juta lebih dari Bantuan Dana Desa dari Pemerintah Pusat dan ADD yang diterima Pemerintah Desa Pasir Utama fokus digunakan untuk membangun sarana dan prasarana di Desa.

“Pembangunan dan Peningkatan drainase ini berdasarkan usulan dari masyarakat Desa Pasir Utama, Pembangunan drainase dan jalan sesuai dengan kebutuhan yang memang menjadi skala prioritas utama yang dibutuhkan masyarakat Desa, sebagai sarana kelancaran bagi usaha masyarakat dalam bepergian dan masuk ke Desa Pasir Utama terlebih lagi demi memudahkan masyarakat mengangkut / membawa hasil pertanian mereka,” kata Sutarji. (Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *