KesehatanPekanbaruPemerintahan

Pemko Dapat 11 Lokasi Pembangunan IPAL,Program Sanimas Berbasis Masyarakat

Dedi Gusriadi saat meresmikan pemabngunan IPAL di Kecamatan Sail kemarin.
PEKANBARU, Riau Andalas.com– PEMERINTAH Kota melalui Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setdako Pekanbaru, Dedi Gusriadi meresmikan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal di Kelurahan Cinta Raja, Kecamatan Sail, Kamis (7/12).
Pembangunan 1 unit IPAL tersebut merupakan program Sanimas Berbasis Masyarakat dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat RI yang didanai Islamic Development Bank (IDB).
‘’Alhamdulillah, untuk 2017 ini Pemko mendapatkan sebanyak 11 lokasi pembanguan IPAL dari program Sanimas IDB yang dibangun di Kota Pekanbaru. Oleh sebab itu, kita berharap, semoga saja ke depan bisa lebih ditingkatkan lagi. Hal ini mengingat masih banyaknya air limbah yang tidak terkelola di beberapa kawasan di Kota Pekanbaru, khususnya di Kelurahan Cinta Raja ini,’’ ujar Dedi Gusriadi, Jumat (8/12).
Dipaparkan Dedi, dengan adanya bantuan pembangunan IPAL tersebut telah memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kesehatan masyarakat.
‘’Ini dikarenakan, saluran-saluran air limbah dari rumah masyarakat akan tertampung secara baik. Di samping itu juga akan menghadirkan limbah air yang baik, tidak beracun dan tidak merusak lingkungan masyarakat,’’ ujarnya.
Dalam kesempatan ini, Dedi juga sangat mengapresiasi seluruh stakeholder baik dari Camat, Lurah, LPM, RT/RW dan masyarakat. Untuk itu, ia berharap pembangunan IPAL dan Posyandu di Kelurahan Cinta Raja bisa digunakan dan dikelola dengan baik.
‘’Semoga badan pengelola dari Sanimas ini bersama masyarakat mampu memelihara dan mengatur. Sehingga IPAL ini akan tahan lama dan dapat berfungsi dalam waktu yang lebih lama pula,’’ harap Dedi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *