LingkunganPekanbaruPemerintahanRiau

Kelurahan Sri Meranti, Raih Juara III Tingkat Provinsi


Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BB-GRM) ke XIV,

PEKANBARU, Riau Andalas. com –  Lurah Sri Meranti: meraih restasi untuk masyarakat Pekanbaru Kecamatan Rumbai patut berbangga hati.
Pasalnya, salah satu kelurahan di dalam wilayahnya yakni Kelurahan Sri Meranti, meraih juara III dalam lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BB-GRM) ke XIV, yang digelar Dinas   Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Riau sebagai Kelurahan Pelaksana Terbaik tahun 2017.
Dalam pelaksanaan BB-GRM, yang digelar di lapangan sepak bola desa Laboi Jaya, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Lurah Sri Meranti, Abdimas Syahfitra, hadir langsung menerima plakat dan uang pembinaan yang diserahkan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim.
“Alhamdulillah, ini penghargaan tingkat Provinsi Riau yang kami persembahkan bagi masyarakat Pekanbaru khususnya warga di Kelurahan Sri Meranti,” ungkap Lurah Sri Meranti, Abdimas kepada wartawan Jumat (24/11).


Selain ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat di Kelurahan Sri Meranti, dalam kesempatan ini, Abdimas, juga menyampaikan rasa bangga bisa dipercaya menjadi pemimpin di tingkat kelurahan oleh Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru.
“Selain ucapan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat yang bersatu padu dalam kegiatan ini. Dalam kesempatan ini, saya juga berterima kasih kepada Pak Firdaus dan Pak Ayat, atas dukungan penuh kepada ASN Pemko Pekanbaru untuk terus berprestasi dalam kancah Provinsi maupun Nasional,” ungkap Abdimas.
Beberapa kategori yang menjadi penilaian diantaranya adalah posyandu, poskamling, masjid paripurna dan lain-lain. Sebelumnya, Kelurahan Sri Meranti juga sudah lebih dulu membukukan predikat sebagai kelurahan unggul. Baik di tingkat Kota Pekanbaru maupun Provinsi Riau.
Sebelumnya, Kelurahan Sri Meranti menjadi salah satu kelurahan yang merupakan perwakilan dari Provinsi Riau yang masuk 5 besar terbaik dalam Lomba Kelurahan Tingkat Nasional.
Tim Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Nasional, dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), bahkan sudah melakukan klarifikasi lapangan di Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau.

Ketua Tim Penilai,Khairul usai mengikuti serangkaian acara mengatakan, berdasarkan Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2015, tentang evaluasi desa dan kelurahan, dari tim penilai melihat Kelurahan Sri Meranti ini sangat luar biasa dari sisi kearifan lokalnya.
“Kebersamaan masyarakatnya, kerjasama antar pemerintah kelurahan dengan masyarakat sangat menonjol sekali. Karena ini dapat menjadi contoh bagi kelurahan lain, bahwa kehadiran masyarakat dan pemerintah dapat bekerjasama dalam hal meningkat perekonomian masyarakat,” sebutnya.
Untuk menjadi terbaik di Provinsi Riau, kami dari tim penilai sebelumnya sudah melakukan konfirmasi dan klarifikasi terhadap dokumen dan bukti-bukti yang ada, baik secara laporan dan program maupun perkembangan yang dilaporkan oleh Lurah.
Menurut Khairul, Sri Meranti merupakan salah satu kelurahan ideal. “Karena ideal itu tidak selalu bergantung pada bantuan pemerintah. Artinya, peranserta dan kolaborasi pemerintah dengan masyarakat di sri meranti ini kebersamaanya sangat luar biasa. Dan ini poin Plus bagi Kelurahan Sri Meranti” jelasnya.
Mudah-mudah ini bisa menjadi program dan unggulan bagi Kelurahan Sri Meranti khususnya dan juga menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Provinsi, Kota dan Kecamatan dalam hal memberikan contoh kepada Kelurahan lain.(hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *