PemerintahanRohul

Atasi Meningkatnya Angka Pengangguran Di Rohul, Ini Kata Bupati Suparman

Bupati Rohul di sambut Masyarakat, saat Bupati mendatangi rumah orangtuanya di Jalan Padang Bolak Pekanbaru

ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Lonjakan angka pengangguran kini semakin tinggi, hal itu jadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi pemerintah termasuk bagi pemerintah daerah.

Terkait mengatasi pengangguran yang ditanyakan seorang mahasiswi Universitas Pasir Pangaraian, Elisabet ke Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Suparman S.Sos, M.Si, saat pelantikan Pengurus BEM dan DPM UPP, sekaligus Seminar Peran Mahasiswa Percepatan Pembangunan Desa dan Penataan Kota‎ di Kampus UPP, Rabu (8/11/2017) kemarin, harus dirubah mindset masing-masing, sebab pemerintah tidak akan mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi seluruh rakyatnya.

“‎Harus dirubah mindset harus dirubah, dimanapun pemerintah tidak akan mampu menyediakan lapangan pekerjaan di pemerintahan untuk seluruh rakyatnya. Dimanapun itu,” katanya.

Diakui Bupati Suparman‎, memang saat ini industri berkembang pesat di Kabupaten Rohul, namun banyak manajemen pabrik atau perusahaan yang lebih memilih memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) dari luar daerah.

Sehingga, mahasiswa harus punya ide cemerlang dan kemauan untuk berusaha semasa kuliah atau setamat nantinya, sehingga tidak akan gantungkan nasib ke orang lain atau berfikiran untuk terus bekerja.

“Saya berharap, pihak universitas yang ada, mindset kita yang harus dirubah bahwa tidak selamanya kita bekerja. Namun bagaimana kita menyediakan lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Jelas mantan Ketua DPRD Provinsi Riau, dirinya mengajak mahasiswa tidak punya mindset bahwa setamat kuliah‎ mereka harus bekerja, menggantungkan nasib kepada orang lain.

“Mengapa kita tidak berfikir berusaha dan menyediakan lapangan pekerjaan,” tanya Bupati.

Sehingga intinya, mari semua bersepakat membantu‎ di sekitar kita, bukan menumpangkan nasib kita kepada orang lain. Walaupundemikian, Pemkab Rohultetap‎berfikir bagaimana membuka peluang usaha dan peluang kerja‎ bagi masyarakat dengan berbagai program unggulan yang nantinya akan diaplikasikan.

“Bila bicara peluang kerja, maka persaingan terbuka dengan bebas.Kalau kita berbicara tentang kesempatan berusaha, maka infrastruktur menjadi jawaban seluruh potensi yang ada di kabupaten kita,” ungkapnya.

Mantan Ketua KNPI Provinsi Riau ini mengajak mahasiswa UPP, berperan dalam‎ memberikan pemahaman-pemahaman

‎ kepada masyarakat dalam mendukung program yang dilaksanakan Pemkab Rohul.***( Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *