PemerintahanRohul

Sekda Rohul Nilai OPD Kurang Mampu Menjabarkan Program

ROKAN  HULU, Riau Andalas. com  – Terlambatnya penyelesaian pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2018 antar Komisi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), karena OPD dinilai kurang mampu  jabarkan secara detil terkait Dokumen Pelaksanaan Anggaran atau program ke Komisi DPRD Rohul.

Itu diakui Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hulu (Rohul), Ir Damri Harun MM, saat memimpin di halaman Kantor Bupati Rohul, Pasir Pangaraian, Kamis (3/8/2017) pagi.

Dikatakan Sekda Damri lagi, bahwa pembahasan KUA PPAS di tingkat Komisi dan OPD seharusnya sudah selesai Senin lalu. Tidak selesainya tepat waktu dikarenakan banyaknya kendala yang dihadapi, umumnya permasalahan yang terjadi karena ketidakmampuan OPD menguraikan kegiatan yang dituangkan di APBD.

“Setiap pembahasan yang dilakukan di komisi HP saya ini tidak pernah berhenti, meskipun tidak tepat waktu. Tapi malam juga sudah selesai pembahasan KUA PPAS antara Komisi dengan OPD, sehingga kegiatan selanjutnya pukul 10.00 Wib, akan dilakukan pembahasan antara Badan Anggaran (Banggar) dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), ” jelas Damri

Lebih lanjut diakui Damri, keterlambatan pembahasan antar Komisi bukan kesalahan dari anggota DPRD, tetapi melainkan kurang mampu nya OPD menjabaran program yang diusulkan secara rinci.

“Inilah yang terjadi, ketika kita membuat program namun  kita tidak bisa menjelasnya secara detil. Tentunya, ini bentuk tingkat kepercayaan komisi ke OPD sangat kurang sekali. Dinas Perhubungan mana?. Membuat program kegiatan RP 21 miliar, namun lokasi pembangunan tidak tau. Inilah kondisi yang terjadi, saya tidak habis pikir, tadi malam baru selesai, seketika itu juga baru disurvei di lapangan. Inikan aneh,” ucap Sekda Damri dengan nada kesal

Tambah Damri lagi, bahwa banyak OPD yang membuat program, namun tidak mengetahui dengan lokasi yang direncanakan dalam DPA.

Damri juga menyatakan, melihat realisasi fisik masih sangat rendah terkait dengan kinerja dan kemampuan APBD Rohul 2017.

 

“Kita sudah lama perdakan tapi kenyataannya sampai hari ini realisasi fisik keuanagn belun sesuai dengan target keuangan kita. Saya mengharapakan kegiatan fisik dilakukan mengingat kondisi alam musim kemarau, sehinggakegiatan fisisk di lapangan bisa dilakssanakan dengan segera,” ungkap Sekda. (Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *