advertorialPemerintahanPendidikanRohul

Belasan Ribu Kafilah 16 Kecamatan Meriahkan Pawai Ta’aruf MTQ ke XVII Rohul

Dilepas Bupati, Wabup dan Forkompinda

ROKAN  HULU, Riau Andalas. com  -Belasan ribu kafilah dari 16 kecamatan se-Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Senin (21/8/2017) puku; 14.00 Wib, memeriahkan pawai ta’aruf Musabaqah Tolawtil Quran (MTQ) ke XVII tingkat Kabupaten Rohul, yang dipusatkan di Simpang SMKN I Rambah Jalan Tuanku Tambusai, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah.

 

Pawai iring iringan kafilah dari beberbagai desa/ kelurahan di 16 kecamatan se-Rohul, dilepas Bupati Rohul, H Suparman.S.Sos,M.Si, didampingi Wabup H Sukiman, Sekda Ir Damri, para pejabat Forkompinda, serta para Asisten, Kepala dinas, badan dan kantor di jajaran pemkab Rohul.

 

Bupati Suparman dalam amanatnya berharap, melalui pawai ta’aruf yang digelar, tidak ada persaingan untuk menang atau perbedaan namun meningkatkan persaudaraan sesama umat muslim.

 

“Saya yakin dan percaya, masyarakat terutama umat Islam di Rohul bersaudara. Kemudian, Al Quran tidak diragukan lagi, mulai dari rumah dan dimana saja agar selalu dibaca, karena dengan membacanya saja kita akan mendapatkan berkah,” tegas Bupati Suparman.

 

Dirinya juga menghimbau, untuk pelaksanaan pawai ta’aruf agar bisa berjalan tertib, sehingga nantinya menjadi kebanggaan umat Muslim di Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau.

 

Bupati juga menyatakan, pelaksanaan MTQ XVII tingkat Kabupaten‎ Rohul, akan resmi dibuka Bupati Rohul H. Suparman S.Sos, M.Si, Senin (21/8/17) malam. Dimana beberapa rangkaian acara sebelum pembukaan MTQ XVII tingkat Kabupaten Rohul, dimulai Senin pagi pukul 10.30 Wibpelantikan Dewan Hakim di Masjid Agung Islamic Center Pasir Pangaraian.

 

Kemudian, dilanjutkan pukul 14.00 Wib pawai ta’aruf pembukaan MTQ XVII tingkat Rohul di Simpang SMK Jalan Tuanku Tambusai, kemudian pada pukul 20.00 Wib hingga selesai pembukaan MTQ XVII oleh Bupati Rohul Suparman di lapangan purna MTQ Pematang Baih, Desa Pematang Berangan, kecamatan Rambah.

 

Di tempat terpisah, ‎Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Rohul, H. Syahrudin S.AgM.Symengatakan, pelaksanaan MTQ ke-XVII tingkat Kabupaten Rohul digelar 21 Agustus hingga 27 Agustus 2017, yang akan diikuti kafilah dari 16 kecamatan.

 

Dimana nantinya, ada lima cabang besar dilombakan di MTQ ke-17 tingkat Kabupaten Rohul tahun ini, seperti Cabang Tilawah, Tahfiz, Fahmil, Sarhil, dan Khat atau Kaligrafi. Kemudian, ada beberapa daerah yang belum melaksanakan MTQ tingkat kecamatan‎ tahun ini. Namun mereka tetap bisa mengirimkan kafilah melalui sistem seleksi.

Untuk pemondokan para kafilah dari 16 kecamatan, diakui Syahrudin, panitia MTQ sudah menyiapkan rumah-rumah warga di Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah.

 

“Pemondokan kafilah paling jauh 500 meter dari lokasi MTQ (astaka MTQ),” terang Syahrudin.

 

Kemudian, lokasi lomba atau venue sendiri ada 5 lokasi, yakni astaka MTQ dan tiga venue di Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian, dan di Pondok Pesantren Halid Bin Walid Pasir Pangaraian.

 

Saat memimpin Apel Senin pagi,‎Bupati Rohul Suparman juga mengajak seluruh ASN dan tenaga honorer di lingkungan Pemkab Rohul ikut memeriahkan dan mensukseskan MTQ ke-17 mulai pawai taaruf, pelaksanaan, hingga penutupan. Sementrara, pawai taaruf sudah menjadi kegiatan rutin dan tradisi di setiap daerah, dalam memeriahkan MTQ.

 

“Memaknai Alquran dengan baik dan menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup tentunya berawal dari semangat kita untuk membaca Al Quran,” sebut Bupati Rohul, saat memimpin Apel Senin gabungan.   ***( Adv /Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *