PemerintahanRohul

Kades Babussalam Basron Sampaikan Tiga Program Ekonomi Kerakyatan

‎ROKAN  HULU, Riau Andalas. com  – Walaupun baru menjabat beberapa bulan, Kepala Desa (Kades) Babussalam, Kecamatan Rambah, sudah punya tiga program unggulan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Dimana ketiga program ekonomi kerakyatan, disampaikan Kades Babussalam, Basron, di acara Safari Ramadan Kecamatan Rambah usai Salat Tarawih di Masjid Al Jami Dusun Nogori Desa Babussalam, Selasa (20/6/2017) malam.

Diacara tersebut, dihadiri‎ Kadis Cipta Karya dan Perumahan Rakyat Rohul Bisman, Kabag Kesra Anisbar, Camat Rambah M. Franovandi, Kapolsek Rambah AKP Didi Antoni, Danramil 02 Rambah Kapten Arm Alza Septendi, Kepala KUA, para Kades dan Lurah di Kecamatan Rambah, dan warga Desa Babussalam.

Basron mengakui, tiga program ekonomi kerakyatakan yakni kebun buah kurma yang akan ditanam di lahan 1 hektar. Kebun kurma ini diharapkan dapat mengenalkan Desa Babussalam sebagai desa penghasil kurma di Provinsi Riau.

Kemudian, sebagai desa yang berada di aliran Sungai Batang Lubuh, Basron juga berencana libatkan pemuda Desa Babussalam untuk pengelolaan galian C atau quari. Ia berharap, adanya usaha ini pemuda di desanya jauh dari segala bentuk tindakan kriminalitas dan peredaran narkoba.

Juga dijelaskan Basron, pembelian getah karet petani melalui BUMDes sudah mulai berjalan beberapa bulan terakhir.Nantinya usaha pembelian komoditi perkebunan, juga untuk meningkatkan taraf ekonomi petani‎karet.

Selama ini, petani karet terus terpuruk menyusul anjloknya harga getah karet. Ia mengatakan pembelian getah karet petani ini bukan persaingan bisnis dengan tengkulak atau toke karet.

Basron menyatakan, ketiga program ekonomi kerakyatan ini dilakukan Pemerintah Desa Babussalam juga untuk mendukung pariwisata Rohul, apalagi desa ini masih berada di pusat Kota Kabupaten Rohul.

“Seluruh program yang kita lakukan semata-mata, guna tingkatkan ekonomi masyarakat Desa Babussalam,” ucapnya lagi.

Camat Rambah M. Franovandi , menyatakan sangat mengapresiasi dan mendukung tiga program Pemdes Babussalam, seperti pembangunan kebun kurma, usaha quari melibatkan pemuda, serta pembelian getah karet petani melalui BUMDes atau BUMDesa.

Pemerintah Kecamatan Rambah, mendukung seluruh program pemerintah desa yang mendukung kesejahteraan masyarakat.

“Intinya dari pemerintah Kecamatan tetap mendukung asalkan Pak Kades komitmen dengan segala peraturan-peraturan dan tidak melanggar hukum,”‎ tegas Camat.

Safari Ramadan yang diprakarsai Pemdes Babussalam Masjid Al Jami, masyarakat bersama pihak desa dan kecamatan berbuka puasa, makan bersama, serta Salat Magrib dan Salat Isya berjemaah juga shalat tarawih. *** ( Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *