PemerintahanRohulTravel

Wisata Alam Air Terjun Lembah Sipogas, Belum di Lirik Oleh Dinas Pariwisata Rohul

ROKAN HULU, Riau Andalas. com – Selain objek wisata Danau Sipogas, Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, ternyata mempunyai banyak kekayaan alam yang indah dan layak jual di sektor pariwisata. Namun, sayangnya belum semua objek wisata terjamah Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Karena, selain di Kampung wisata Sungai Bungo dengan air terjun Patasan, di Desa Sialang Jaya juga ada air terjun Lembah Sipogas, bahkan lokasinya tidak jauh dari objek wisata Danau Sipogas. Air terjun Lembah Sipogas ada dua tingkat, masing-masing tingkat punya ketinggian lebih dari 5 meter. Pengunjung bebas memilih di terjun mana untuk berbasah ria.

Agar bisa jangkau ke air terjun Kawah Sipogas, pengunjung hanya butuh menempuh jarak sekira 1,5 kilometer dari Danau Sipogas, namun akses hanya bisa dilalui sepeda motor. Jalur ini sangat cocok bagi pengunjung yang suka menjelajah alam pakai sepeda motor jenis trail.

Dengan melintasi jalan tanah yang menanjak, pengunjung akan ditawarkan panorama yang sangat indah dari ketinggian sebelum sampai ke lokasi. Pengunjung harus parkirkan sepeda motor di lokasi yang sudah disiapkan para  pemuda setempat, dan harus jalan kaki sekira 1 km menuju air terjun Lembah Sipogas.

Di perjalanan, suasana penjelajahan sangat kental di jalur yang masih asri di sana. Masih banyak pohon rindang dan besar yang sudah langka dilihat di daerah ini, dan cocok untuk pelajar yang akan belajar tentang alam.

Disebutkan Ketua Pemuda Dusun Harapan Desa Sialang Jaya, Rahmat Saputra, ir terjun Lembah Sipogas masih kurang dikenal masyarakat Rohul karena belum adanya perhatian dari Pemkab Rohul.

Karena, ‎air terjun Lembah Sipogas baru dikenal sebagian kecil masyarakat Rohul, namun bagi masyarakat tempatan, air terjun ini merupakan tempat yang tenang dan nyaman untuk bersantai.

Apalagi pada hari libur, jelas Rahmat, air terjun di Desa Sialang Jaya ini sudah ramai dikunjungi oleh kalangan pemuda.

Dirinya berharap, Pemkab Rohul bisa memperhatikan air terjun Lembah Sipogas sehingga akses ke lokasi semakin mudah dicapai pengunjung.

Para pemuda Dusun Harapan Desa Sialang Jaya, kini sudah membangun jalur baru, agar pengunjung lebih dekat sampai ke air terjun, serta memudahkan pengunjung yang akan refreshing ke objek wisata tersembunyi ini, terutama di hari libur Idul Fitri Juni 2017 nanti.

Kini, pemuda Dusun Harapan Desa Sialang Jaya akan menyiapkan pangkalan ojek di Danau Sipogas, dan siap mengantarkan setiap pengunjung yang ingin merasakan sensasi beda di air terjun Lembah Sipogas mulai liburan Idul Fitri tahun ini.

Nantinya, setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp30 ribu, dengan biaya tidak mahal, pengunjung akan mendapatkan sensasi berbeda, alam yang masih asri, berpetualang, dan bisa mandi sepuasnya di air terjun Lembah Sipogas.

“Berharap Pemkab Rohul memperhatikan kekayaan alam di Desa Sialang Jaya,” harap Rahmat serta pemuda Sialang Jaya lainnya.** ( Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *