PemerintahanRiau

Untuk Peningkatan Produksi, Bupati Yopi Turun ke Sawah Menanam Padi

RENGAT, Riauandalas.com –
Bupati Kab Inhu H Yopi Arianto melakukan gerakan tanam padi di areal persawahan kelompok tani Ingin Maju, Desa Kelayang, Kecamatan Rakit Kulim, Sabtu (8/4/2017). Gerakan tanam padi ini merupakan bentuk upaya untuk mendorong peningkatan produksi padi di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu.

Bersama Ketua DPRD Inhu Miswanto, Dandim 0302 Inhu Mujibburahman Hadi serta para pejabat di lingkungan Pemkab Inhu, Bupati Inhu H Yopi Arianto dengan tanpa ragu turun ke sawah dan melakukan gerakan tanam Padi.

206 hektar luas areal persawahan yang berada di Desa Kelayang dan Lubuk Sitarak ini, merupakan bagian dari wilayah sasaran tanam padi khususnya yang berada di Kecamatan Rakit Kulim dengan total luas areal  yang mencapai 450 hektar.

Melihat luasnya hamparan areal persawahan tersebut, Bupati Yopi pun memberikan apresiasinya terhadap kondisi itu. Bupati berharap komitmen para petani untuk tetap memanfaatkan lahan dengan hanya ditanami varietas padi, jagung dan kedelai  dapat terus dipertahankan.

Sebagai bentuk upaya untuk menjaga semangat para petani, lanjut Bupati Yopi, kedepannya Pemkab Inhu akan berupaya untuk menyalurkan bantuan ratusan hewan ternak itik sebagai kombinasi dalam pengembangan lahan pertanian.

Kondisi lahan persawahan di Desa Kelayang Kecamatan Rakit Kulim ini memang cukup potensial. Saya berharap komitmen para petani untuk terus meningkatkan jumlah luas tanam padi dapat terus dipertahankan, ujar Bupati Yopi.

Senada dengan hal itu, Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Mujibburahman Hadi juga menyampaikan usulan terkait pengembangan produksi komoditi jagung dan kedelai dengan pola system penanaman secara tumpang sari dengan memanfaatkan areal perkebunan sawit.

Dandim menilai, pola system penanaman tersebut diyakini akan memberikan pengaruh besar terhadap peningkatan jumlah produksi khususnya jagung dan kedelai di wilayah Kabupaten Inhu. Untuk itu, kerjasama antara dinas terkait bersama pihak perusahaan yang bergerak pada sector perkebunan sawit juga perlu dilakukan.

Usai melaksanakan gerakan tanam padi, Bupati Inhu H Yopi Arianto beserta rombongan pejabat di lingkungan Pemkab Inhu serta sejumlah unsur Forkopimda, selanjutnya bertolak menuju Puskesmas Desa Danau Baru.

Kunjungan ini dilakukan Bupati Yopi untuk meninjau penyelenggaraan kegiatan sunatan massal sekaligus pelayanan kesehatan pada Puskesmas Desa Danau Baru yang telah selesai proses pembangunannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *