Berita utamaKamparRiauTechnology

Polres Kampar luncurkan Inovasi terbaru “ASIK”

Kapolres Kampar AKBP.Edy Sumardi

KAMPAR.RiauAndalas.com.- Selasa 11 april 2017 ,Polres Kampar kembali membuat inovasi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi, berupa program aplikasi bernama “ASIK” (Aplikasi System Informasi Kriminalitas).

Program “Asik”, ini menggunakan aplikasi yang dapat diakses melalui android untuk melaporkan kejadian, kegiatan ataupun informasi layanan Kepolisian.

Program “ASIK” ini dibagi dalam 3 modul, yaitu :
1. Asik Zapin Polres Kampar, adalah aplikasi khusus untuk personil Jajaran Polres Kampar tentang pemberitahuan mengenai tindak kejahatan, kejadian atau peristiwa yang sedang atau baru saja terjadi di wilayah hukum Polres Kampar dan juga pelaksanaan kegiatan kepada seluruh personil, untuk direspon oleh anggota terdekat dengan mendatangi lokasi dan memberikan pertolongan serta tindak lanjut suatu kejadian.

Smart Data Base sebagai central server yang ada di Polres Kampar juga dapat mendeteksi keberadaan seluruh personil Jajaran Polres Kampar, guna diarahkan menuju lokasi kejadian sebagai respon cepat dari pihak Kepolisian.

2. Asik Zapin Masyarakat Kampar, aplikasi ini dapat diakses oleh masyarakat dengan mendownload terlebih dahulu melalui Play Store pada Android, kemudian lakukan pendaftaran dengan mengisi kolom data yang tersedia. Setelah terdaftar, maka setiap saat bisa melaporkan tentang kejadian atau peristiwa yang dialami dan yang diketahui kepada pihak Kepolisian lewat aplikasi ini.

Petugas Operator Smart Data Base Polres Kampar akan merespon setiap laporan dari masyarakat dan meneruskan kepada fungsi terkait dan anggota terdekat yang terpantau berada disekitar lokasi kejadian, untuk dapat memberikan pertolongan atau melakukan tindakan awal terhadap kejadian atau peristiwa yang dilaporkan.

3. Asik Zapin Instansi Kampar, aplikasi ini berupa alarm system yang terintegrasi dengan server utama di Polres Kampar. Instansi tertentu yang memiliki tingkat kerawanan tinggi seperti Bank, Lapas, Kantor Pegadaian serta Objek Vital diarah
“ASIK” (Aplikasi System Informasi Kriminalitas), Inovasi Terbaru

Smart Data Base sebagai central server yang ada di Polres Kampar juga dapat mendeteksi keberadaan seluruh personil Jajaran Polres Kampar, guna diarahkan menuju lokasi kejadian sebagai respon cepat dari pihak Kepolisian.

Apabila terjadi suatu peristiwa atau kejadian dilokasi tersebut yang membutuhkan kehadiran anggota Polri, maka pengguna dapat langsung menekan tombol alarm pada aplikasi yang langsung terpantau dari server Polres Kampar untuk segera menerjunkan anggota ke lokasi.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK saat dikonfirmasi terkait pembuatan aplikasi Asik Zapin Polres Kampar ini menjelaskan, bahwa inovasi ini sebagai langkah terobosan dalam mengadopsi kemajuan teknologi untuk meningkatkan pelayanan Polri terhadap masyarakat sebagai implikasi Program Quick Wins Polri.

Lebih lanjut dijelaskan Kapolres Kampar bahwa Aplikasi ini bertujuan mempermudah sistem informasi antar personil Polri maupun akses laporan masyarakat tentang kejadian atau peristiwa yang memerlukan respon cepat anggota Polri.

Selain itu aplikasi ini juga diharapkan dapat mengoptimalisasi peran anggota Polri dalam memberikan perlindungan serta pelayanan terhadap masyarakat, semoga hal ini memberi kontribusi besar dalam pemeliharaan kamtibmas dan kenyamanan bagi masyarakat, jelas Kapolres.(AM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *