PemerintahanPendidikanRohul

Perpustakaan Daerah Rohul Beri Pelatihan kepada 12 Pengelola Perpustakaan sekolah

ROKAN HULU, Riau Andalas. com  – Dalam rangka pembinaan dan pengembangan minat baca dan budaya baca hingga ke sekolah-sekolah dan perpustakaan umum, sesuai dengan amanat Undang Undang (UU) no 43 tahun 2007, Perpustakaan umum daerah H. Mahidin Said Rohul laksnakan pelatihan dan magang bagi 12 petugas pengelola perpustakaan sekolah dan perpustakaan umum, Rabu (5/4/2017).

Pelatihan yang dilaksanakan mulai 5-7 April 2017 di aula rapat Dinas Perpustakaan dan Arsip Rokan Hulu itu dibuka langsung oleh Kadis Perpussip Rohul, Ir.Jufri, M.Si didampingi oleh Kabid Perpustakaan Sumardi, SS.M.Si.

Dalam sambutannya Kadis Perpussip Rohul menyampaikan bahwa saat ini tingkat minat baca bangsa Indonesia sangatlah rendah sekali yakni rengking 60 di dunia. Makanya untuk itu perpustakaan Rohul akan berusaha agar minat baca dan budaya baca dapat ditingkatkan, salah satu caranya dengan melatih para petugas pengelola perpustakaan ini.

“Dengan telah di latihnya petugas ini nanti mereka dapat menerapkan dan menginplementasi ilmu perpustakaan ditempat mereka bertugas nantinya. Sehingga nanti juga akan berinbas terhadap peningkatan minat baca dan budaya baca dikalangan pelajar dan juga masyarakat secara umum,” ungkapnya.

Dikatakan Jufri, kegiatan pelatihan ini juga merupakan salah satu program dan fungsi perpustakaan umum daerah H. Mahidin Said Rohul dan disamping program-program unggul lainnya.

‎Masih ditempat yang sama, Kabid Perpustakaan, Sumardi mengungkapkan bahwa jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 12, terdiri dari petugas pengelola perpustakaan tingkat SD sebanyak 6 orang, tingkat SMP/MTs sebanyak 4 orang dan dari perpustakaan umum 2 orang peserta.

“Dari 12 peserta pelatihan itu, Dua orang berasal dari Dinas Perpustakaan Umum daerah Kabupaten Kuansing. Mereka mau belajar dan studi banding ke Rokan Hulu sehingga ini merupakan nilai plus bagi kita sehingga program ini setiap tahunnya kita tetap laksanakan secara kontiniu berkelanjutan,” terang Sumardi. Dan menambahkan pada tahun 2016 yg lalu, PerpustakaanH. Mahidin Said Rohul juga telah melakukan pelatihan sebanyak 3 gelombang yakni tingkat perpustakaan sekolah SD, SLTP dan SLTA.

‎Lebih lanjut Dikatakan Sumardi, Ditahun 2017 ini, Perpustakaan Rohul akan melaksanakan berbagai lomba antara lain lomba perpustakaan desa se-Rohul, lomba mendongeng/bercerita tingkat SD/MI negeri/swasta se-Rohul dan lomba perpustakaan sekolah tingkat SLTA/MA se-Rohul.

“Pemenang terbaik 1 tingkat kabupaten nantinya akan mewakili Rokan Hulu ke tingkat Provinsi Riau yang akan diselenggaraka pada Mei 2017 mendatang,” pungkas mantan Kasubag Humas Setdakab Rohul ini‎ ** ( Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *