LingkunganRohul

Jembatan Mentawai Rohul Ambruk Harga Sembako Di Empat Desa Merangkak Naik

 

ROKAN HULU, Riau Andalas. com  -Dampak hanyut dan ambruknya jembatan Mentawai di Desa Tibawan, Kecamatan Rokan IV Koto, kini mulai dirasakan masyarakat di empat desa, dngan mulai merangkaknya harga sejumlah kebutuhan pokok.

Jembatan Mentawai, sebagai akses utama menuju ke desa yakni,  Desa Cipang Kiri Hilir, Cipang Kanan, Tibawan dan Banjar Datar. Karena selama ini, jembatan Mentawai  jadi akses utama distribusi bahan kebutuhan pokok dan akses perekonomian warga.

 

Informasi Plt Camat Rokan IV Koto, Muhammad Zaki SSTP MSi, Jumat (3/3/2017) kemarin mengakui, akibat putusnya jembatan Mentawai, para pemasok kebutuhan pokok, kini terpaksa harus keluarkan biaya lebih melandsir barang dagangan mereka. Sehingga, mengakibatkan adanya biaya tambahan, dan para pedagang terpaksa naikkan harga jual sembako ke masyarakat.

 

“Barang signifikan yang mengalami kenaikan, seperti minyak goreng dan beras, dimana rata-rata naik sekitar 10 persen. Kemungkinan harga kebutuhan pokok lainnya, juga akan menyusul naik,” ucap M Zaki.

 

Zaki mengatakan, memulihkan arus transportasi pasca putusnya jembatan mentawai, Pemerintah Kecamatan Rokan IV koto, segera lakukan rapat dengan Upika, kepala desa, tokoh masyarakat, BPBD dan UPTD PUPR untuk mencari solusi penyeberangan darurat. Pasalnya, 2 unit Speed Boat bantuan BPBD Rohul tidak dapat difungsikan secara maksimal.

 

“Masyarakat takut gunakan perahu bantuan, karena oleng saat dipakai menyeberang. Sehingga saat ini, perahu itu jarang digunakan. Rencananya kita akan rapatkan apakah akan dibuat rakit atau getek ataupun solusi lainnya,” tegas M Zaki.

 

Terkait untuk pembangunan jembatan darurat, M Zaki menyebutkan, kemungkinan tidak akan dilakukan,  karena pada tahun ini pemprov riau akan melakukan pembangunan jembatan mentawai permanen.

 

“Bila kita bangun jembatan darurat nantinya mubazir, karena tahun ini pemprov juga akan bangun jembatan permanen, berupa pembangunan getek atau rakit penyeberangan, dan ini jadi opsi prioritas, namun itu tetap tergantung dari hasil rapat kita nantinya,: papa Zaki. **( Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *