PekanbaruPendidikan

FKIP UIR Taja Bedah Buku Novel “Megat” Karya Rida K. Liamsi

PEKANBARU, Riau Andalas.com – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-Universitas Islam Riau (FKIP-UIR), melaksanakan acara akbar Bedah Buku Novel Megat karya Rida K. Liamsi pada Sabtu (25/3/2017) di Aula Zaini Kunin gedung C. Acara ini dihadiri langsung oleh penulis novel Megat, Rida K. Liamsi.

Tampak hadir dalam acara Rektor UIR, Prof. Dr. Detri Karya, S.E., M.A. Beliau mengatakan kepada seluruh mahasiswa untuk memanfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya.

“Prodi bahasa harus terus melaksanakan kegiatan seperti ini. Dengan adanya kegiatan seperti ini, semoga muncul penyair-penyair baru, pengarang-pengarang baru, ataupun satrawan-satrawan baru yang berasal dari prodi bahasa ini,” ujar Rektor UIR.

Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum., Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Ketua Umum Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) sebagai pemateri 1 mengatakan bahwa setiap karya sastra kaya akan wadah (kaidah) dan isi (makna). “Kedua unsur ini tidak boleh kita pisahkan antara satu dengan yang lainnya,” katanya.

“Novel ini sebagai novel etnografi yaitu novel yang menggambarkan suatu etnis khususnya etnis Melayu. Dan isi novel Megat ini masih kental akan ilmu hitam,” tambah Prof.

Beliau berharap, bagi setiap mahasiswa yang ingin menulis novel, jangan lupa menulis arti atau pengertian dari karya sastranya. “Bagi adik-adik mahasiswa yang tertarik untuk menulis sebuah novel atau karya sastra, jangan lupa untuk menulis arti atau pengertian dari karya sastranya,” harapnya. (Peb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *