INHILPendidikan

Sat Lantas Polres Inhil,Gencar Melaksanakan Sosialisasi KeselamatanBerlalu Lintas

TEMBILAHAN ,Riau Andalas.com-Satuan Lalu Lintas Polres Inhil, dibawah komando AKP Jusli SH, gencar mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas bagi pengendara kendaraan bermotor muda usia, khususnya di kalangan pelajar. Dalam acara yang ditaja Sat Lantas, Jasa Raharja dan Komunitas Korban Laka Lantas, pada hari ini, Selasa, tanggal 21 Februari 2017, pukul 09.30 WIB, telah dilaksanakan Sosialisasi  Keselamatan Berlalulintas di SMKN 1 Jalan Telaga Biru Tembilahan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasat Lantas Polres Inhil AKP Jusli, S.H, Kanit Reg Ident Sat Lantas IPTU Saukani,KBO Sat Lantas IPDA Kamaluddin, Kanit Dikyasa Sat Lantas IPDA Yurnalis, Kanit Patroli Sat Lantas IPDA Ismail, Kepala Jasa Raharja Tembilahan Elvan Rahmat, Ibu Siti Hamis dari Komunitas Korban Laka Lantas serta Majelis Guru dan Siswa SMKN 1 Tembilahan sebanyak 150 orang.
Sebagai pengantar, Kasat Lantas memaparkan pentingnya para siswa untuk menumbuhkan kesadaran bahwa keselamatan adalah faktor nomor satu dalam berkendaraan bermotor. Siswa harus memahami, bahwa dengan menjaga keselamatan diri sendiri berarti juga telah menyelamatkan pemakai jalan lainnya. Patuhi tata tertib berlalu lintas, jaga etika dan sopan santun berkendaraan. Sebagai generasi muda yang diharapkan jadi pelanjut keberlangsungan Bangsa Indonesia, diharapkan para siswa jadi pelopor dalam keselamatan berlalu lintas. Apabila terjadi kecelakaan lalu lintas yang bisa mengakibatkan terjadinya cacat fisik, tentu saja akan berdampak pada tidak tercapainya keinginan atau cita – cita para korban laka lantas tersebut. Untuk itulah, Kasat mengajak Ibu Siti Hamis, yang pernah mengalami musibah kecelakaan lalu lintas dan mengakibatkan kaki beliau diamputasi, memberi pencerahan kepada masyarakat, terutama para pelajar, bisa mengambil pelajaran dari apa yang sudah beliau alami.
Pada sàat diberi kesempatan menceritakan pengalamannya, Ibu Siti Hamis menceritakan sedikit kronologis musibah yang menimpa dirinya, sehingga harus rela kehilangan kaki kanan. Ibu Siti Hamis berpesan, agar kejadian seperti dirinya tidak terjadi pada para pelajar. Untuk itu, para pelajar harus selalu mematuhi aturan dan tata tertib berlalu lintas.
Dalam sosialisasi ini, selain pemaparan dan penyampaian materi tentang keselamatan berlalu lintas, juga diputarkan video – video kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kelalaian manusianya, mulai dari mendahului kendaraan di tikungan, melanggar lampu lalu lintas, pengaruh alkohol dan sebagainya.
Para siswa juga diberi kesempatan untuk bertanya, menyangkut segala hal tentang lalu lintas, yang langsung disambut dengan antusias. Berbagai pertanyaan diajukan para pelajar SMKN 1 Tembilahan. Untuk menjawab berbagai pertanyaan para pelajar tersebut, Kasat dengan gaya jenaka, menjelaskan secara rinci aturan, rambu – rambu dan etika serta sopan santun berlalu lintas yang berlaku. Terhadap jawaban atas pertanyaan tersebut, para pelajar menyatakan puas dan mulai mengerti apa yang disebut kamseltibcar lantas.
Kepala SMKN 1 Tembilahan Hasmar sangat mengapresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Sat lantas dan jajaranya sehingga bisa membuka mata para siswa/siswi bahwasanya banyak ruginya menjadi korban kecelakaan lalu lintas, dari mulai kehilangan orang yang disayangi serta bisa membuat cacat fisik.
AKP Jusli SH menambahkan bahwa dengan sosialisasi keselamatan berlalu lintas ini, diharapkan dapat menyentuh langsung para pelajar dan dari mereka bisa menyampaikan kepada teman – teman dan keluarga di rumah, untuk menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan demi terwujudnya Indonesia tertib dengan keselamatan yang nomor satu.
Roy Gts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *