advertorialPemerintahanRohul

Plt Bupati Hadir di MPTB Desa Rantau Kasai Tambusai Utara

 

ROKAN HULU, Riau Andalas. com – Pelaksana ‎tugas (Plt) Bupati Rokan Hulu (Rohul), H. Sukiman, hadiri Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan BUMDesa (MPTB) Desa Rantau Kasai, Kecamatan Tambusai Utara, Rabu (22/2/2017).

 

Kegiatan MPTB digelar di kantor Desa Tambusai Utara, dihadiri Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD), Abdul Haris, juga para tamu undangan lainnya.

 

Abdul Haris mengaku, bahwa BUMdesa Rantau Kasai merupakan BUMdesa yang aktif dan sehat serta tidak ‎mengidap “penyakit”.

 

“Tidak ada sakitnya. Artinya, BUMDesa tersebut berjalan dengan baik, serta mempunyai laba. Bila BUMdesanya tidak ada labanya bahkan minus, berarti BUMdesa tersebut kini sedang bermasalah atau sakit,” ucapnya.

 

Saat ini, masih ada sejumlah BUMdesa yang masih sakit, sehingga perlu perhatian khusus terhadap BUMdesa bermasalah tersebut. Diharapkan, dengan adanya perhatian khusus ini, BUMdesa ‎yang bermasalah bisa menjadi sehat kembali.

 

“Kita berharap. BUMdesa Rantau Kasai tetap sehat walaupun labanya hanya Rp 30 juta, tahun depan diharapkan bisa lebih tinggi lagi,” jelasnya.

 

Abdul Haris juga menghimbau, agar seluruh masyarakat bisa menabung ke BUMdesa, karna hasil dari keuntungan juga akan disalurkan lagi oleh masyarakat.

 

Di tempat yang sama, Plt Bupati Rohul H. Sukiman juga melihat, BUMdesa Rantau Kasai merupakan BUMdesa yang baik, walaupun masih tergolong baru. Malahan, BUMdesa tersebut sudah mendapat laba sekitar Rp 30 juta, hal ini menandakan bahwa baik pengurus dan masyarakatnya sudah lebih mengenal BUMdesa serta manfaat menabung di BUMDes tersebut.

 

“BUMdesa milik masyarakat desa, bila masyarakatnya mendukung tentunya perekonomian masyarakat akan semakin baik lagi,” ungkapnya.

 

Sukiman berharap, pengurus BUMdesa bisa lebih memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar lebih memilih menabung atau meminjam di BUMdesa ketimbang di bank-bank. Juga ditegaskan, untuk pengurus BUMdesa bisa berlaku jujur, karena bila pengurusnya jujur maka kepercayaan masyarakat akan semakin tinggi, sehngga masyarakat akan mempercayakan uangnya kepada BUMdesa.

 

“Disini mayarakatnya mayoritas petani sawit, apalagi harga sawit sat ini sudah tinggi sehingga saya imbau agar menabung di BUMdesa, agar masyarakat di sekitar kita bisa terbantu,” ajaknya.

 

Terkait modal,  H Sukiman juga mengaku, dana desa juga bisa digunakan untuk BUMdesa sesuai dengan aturan dan ketentuan yang belaku.

 

“Saya berharap. tahun depan BUMdesa Rantau Kasai akan bisa lebih tinggi lagi mendapatkan labanya,” harapnya. H Sukiman juga menyerahkan bantuan, untuk anak yatim termasuk masyarakat kurang mampu secara ‎simbolis **( Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *