Sosial&Budaya

Mushola AtMutaqim Direnovasi Oleh Koramil 0809/15 Kandangan Bersama Warga Setempat

KEDIRI, Riau Andalas. com – Mushola At Mutaqim yang terletak di Desa Kandangan KecamatanKandangan Kabupaten Kediri atau tepatnya sekitar 300 meter arah utara Makoramil0809/15 Kandangan, hari ini dilakukan pembongkaran sehubungan akandirenovasinya bangunan selebar 11 meter dan panjang 14 meter tersebut, dalam 3hari kedepan, dan Koramil 15/Kandangan bersama warga setempat, ikut ambilbagian dalam pembongkaran Mushola yang berasal dari tanah wakaf itu, Sabtu(28/01/2017).

Menurut Bati Tuud Koramil Kandangan, Serma Bakuh H.S., bangunanmushola ini akan direnovasi total ,hanya di bagian atap mushola, tempat wudhu,dan perbaikan pipa saluran air. Sedangkan bagian bangunan utama tempatberibadah, sama sekali tidak dirubah, karena kondisi bangunan masih sangatlayak dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, kecuali tempat wudhu ,yang nantinyaakan direnovasi pada bagian tempat mengalirnya air.

Pembongkaran atap Mushola dilakukan ,karena kondisi plafon banyakyang sudah terkelupas, akibat masuknya air hujan dari celah-celah genteng yangrusak atau pecah, dan untuk kayu-kayu konstruksi bangunan tidak semua harusdiganti, melainkan hanya yang kondisinya sudah lapuk saja. Sedangkan untukgenteng ,hampir secara keseluruhan akan diganti, karena kondisinya sudah banyakyang rusak atau pecah, dan untuk perbaikan pipa saluran air dilakukan langsungoleh PDAM.

Dari keterangan Ketua RT 06, Musadi, Mushola ini sudah ada sejaktahun 1988, dan sudah dilakukan renovasi pada tahun 2001 lalu, pada bangunanutama Mushola dan bagian luarnya (tembok), serta pembangunan secara permanentempat wudhu. Renovasi dilakukan, karena setiap kali hujan deras, tetesan airhujan menggenangi bagian dalam bangunan, akibat banyaknya genteng yang rusak,dan tempat wudhu dilakukan perbaikan, karena pasokan air yang semula berasaldari bak penampungan air (penimbaan air dari sumur), akan diganti denganmelalui saluran air dari PDAM.

Khusus untuk saluran instalasi listrik penerangan Mushola, hanyabagian yang ada diatas plafon yang diganti, guna menghindari konsleting aruslistrik, akibat terus menerus mendapat tetesan air hujan, sedangkan bagianlainnya (diluar bangunan utama) tidak berubah sama sekali. (Penrem 082/CPYJ )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *