PemerintahanRohul

MANIC Rohul Di tetapkan Sebagai Masjid Percontohan Tingkat Nasional Ini Kata Plt Bupati

ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Masjid Agung Islamic Centre Pasir Pangaraian yang selama ini jadi ikon Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berjuluk Negeri Seribu Suluk, diberi penghargaan dari Menteri Agama Republik Indonesia menjadi Masjid Agung Percontohan Paripurna 1 (satu) tingkat Nasional tahun 2015.

Walaupum sudah diumumkan pada Desember 2015 lalu, piala dan piagam penghargaan untuk kategori Masjid Agung Percontohan Paripurna 1 tingkat Nasional, baru diterima Pemkab Rohul.

Piala dan piagam tersebut, baru diberikan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, yang diterima Pemkab Rohul diwakili Ketua Umum Masjid Agung Islamic Center H. Zulyadaini,  dikegiatan yang digelar di Hotel Lumire Atrium Senen Jakarta, Selasa (13/12/2016) kemarin.

Atas penghargaan itu, Plt Bupati Rohul, H Sukiman menyatakan, agar pengelola Masjid Agung bisa lebih meningkatkan lagi pelayanan dengan baik. Kemudian, juga tetap melayani seluruh jemaah yang datang ke masjid Agung, sehingga Masjid Agung yang jadi ikon Rohul bisa meningkatkan syiar Islam di negeri seribu suluk hingga seluruh Indonesia.

 

“Berikan pelayanan terbaik kepada umat islam yang datang ke Masjid Agung, kemudian rawat dengan baik juga terus tingkatkan kegiatan keagamaan di Masjid Agung. Apalagi saat ini, Masjid Agung bukan hanya sudah tersohor di provinsi Riau, juga ke tingkat Nasional. Sehingga jadikan Masjid untuk berbagai kegiatan keagamaan serta kegiatan bernuansa Islami lainnya,” harap Plt Bupati.  

H Zulydain juga mengatakan, penghargaan yang diberikan tersebut, juga bersamaan dengan 10 masjid terbaik lainnya di Indonesia, di acara yang dirangkai Seminar dengan tema, “Masjid Berkualitas dan Modernisasi Layanan Informasi Keagamaan Berbasis Sistem Informasi Masjid (Simas)”.

Usai menerima penghargaan dari Menteri Agama RI, Pengelola Masjid Agung Rohul, Zulyadaini berterima kasih ke semua pihak, khususnya ke Pemkab Rohul juga seluruh masyarakat Rohul, sehingga masjid kebanggaan masyarakat di Negeri Seribu Suluk menerima penghargaan di tingkat nasional.

H. Zulyadaini juga berterima kasih ke semua pihak, mulai dari Kementrian Agama RI, Badan Pengelola Masjid, jamaah dari berbagai daerah yang datang, terkhusus ke Pemkab dan DPRD Rohul, serta seluruh masyarakat Rohul.

“Penghargaan yang diberikan, berkat dukungan semua pihak, sehingga masjid kebanggan kita bisa meraih penghargaan tingkat nasional. Berharap, ini dapat kita tingkatkan dan dipertahankan,” kata H. Zulyadaini, yang akrab disapa H Zul.

Sesuai keputusan Dewan Penilai Masjid Agung Percontohan Nomor 01/DPM.MA/XI/2015, tentang penetapan Masjid Agung Percontohan Tingkat Nasional tahun 2015, yang diketuai Prof Dr. H. Ahmad Satori. Dimana Masjid Agung Madani Rohul meraih terbaik dari kategori Masjid Agung Percontohan Paripurna di Indonesia dengan nilai 90,28.

Kemudian, posisi kedua ditempati Masjid Baiturrahman Provinsi Jawa Timur, posisi ketiga ditempati Masjid Dr. Wahidin 8 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian, dari kategori Masjid Agung Percontohan Idarah atau Administrasi, juara pertama ditempati Masjid Sindenreng Rappang Sulawesi Selatan, disusul Masjid Nurul Falah Sulawesi Barat, dan Masjid Baitul Hikmah Kalimantan Timur.

Lalau, di kategori Masjid Agung Percontohan Imarah atau Kemakmuran, Masjid Baitussalam DKI Jakarta menempati posisi pertama, disusul Masjid Al-Mukarram Amanah Kalimantan Tengah, dan Masjid Nurul Huda di Provinsi Bali.

Sedangkan pada kategori Masjid Agung Percontohan Riayah atau Pemeliharaan dan Kebersihan diterima Masjid Agung Sibolga di Provinsi Sumatera Utara, disusul Masjid Agung Brebes Jawa Tengah, dan Masjid An-Nur Sulawesi Tengah.** ( Alfian) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *