INHUPemerintahan

Bupati Yopi Sampaikan RAPBD Inhu Tahun 2017

RENGAT, Riau Andalas.com –  Bupati Inhu, H Yopi Arianto menyampaikan nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Inhu tahun 2017 dalam rapat paripurna DPRD Inhu, Jumat (30/12/2016).

RAPBD Inhu tahun 2017 yang disampaikan Bupati H Yopi Arianton senilai Rp 1,4 triliun, mengalami penurunan sekitar 9,01 persen jika dibandingkan APBD Inhu tahun 2016. Meski demikian, pendapatan asli daerah mengalami kenaikan sebesar 2,43 persen dari tahun 2016.

Selain penyampaian RAPBD Inhu tahun 2017, rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Inhu Miswanto juga mengesahkan tiga Perubahan Peraturan Daerah (Ranperda) yang telah diajukan sebelumnya oleh Pemkab Inhu.

Tiga perubahan Perda tersebut meliputi Perda Nomor 8 Tahun 2014 tentang penyertaan modal pemerintahan daerah kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Indra, Perda Nomor 9 Tahun 2014 tentang tata cara pencalonan, pemilihan,pelantikan dan pemberhentian kepala desa serta Perda Nomor 2 tahun 2012 tentang retribusi jasa usaha.

Bupati Inhu, H Yopi Arianto menegaskan bahwa arah kebijakan belanja daerah tahun 2017 akan difokuskan pada upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Belanja daerah tersebut diprioritaskan untuk mendanai urusan pemerintahan wajib, terkait pelayanan dasar yang ditetapkan dengan standar pelayanan minimal serta berpedoman pada standar teknis dan harga satuan regional.

Sementara itu, terkait arah kebijakan pembangunan Kabupaten Inhu tahun 2017, Bupati Yopi menjelaskan bahwa Pemkab Inhu masih fokus pada upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, kesejahtaeraan masyarakat, pengembangan seni dan budaya, olahraga, kepemudaan, pembangunan ekonomi berdaya saing,penguatan pembangunan jaringan infrastruktur dan peningkatan sarana dan prasana serta pemantapan aparatur dan birokrasi pemerintahan. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan pembangunan Nasional dan Propinsi,tambah Bupati.

Ditambahkan Bupati Yopi, kedepan seluruh jajaran Pemkab Inhu harus mengoptimalkan strategi arah kebijakan pendapatan daerah dengan di fokuskan pada upaya untuk meningkatkan sumber-sumber pendapatan selain dari dana bagi hasil Migas.

Diakhir pidatonya, Bupati Yopi mengharapkan, pembahasan dan penyempurnaan RAPBD Inhu tahun 2017 dapat segera dilaksanakan oleh DPRD Inhu. Hal ini untuk mengantisipasi keterlembatan waktu penetapan RAPBD tahun 2017. Sebab, hal tersebut akan sangat mempengaruhi program-program pembangunan yang sudah direncanakan, tutup Bupati Yopi.

Turut hadir dalam rapat paripurna tersebut, Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Mujibburahman Hadi, Kapolres Inhu AKBP Abas Basuni.SIK serta para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu lainnya.

Oleh ; Junus Samosir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *