Nasional

Seminar Nasional Dalam Rangka RAKERNAS V IMABSII 2016

JIMBARAN, Riau Andalas.comSenin, 14 November 2016 dilaksanakan seminar nasional yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rapat kerja nasional yang kelima IMABSII (Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia Se-Indonesia). Seminar nasional ini mengambil tema “Menduniakan Bahasa dan Sastra Indonesia Sebagai Upaya Memperkokoh Kedaulatan NKRI di Era Globalisasi”. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Widya Sabha Bukit Jimbaran dengan menghadirkan tiga pembicara yaitu Dr. Yeyen Maryani, M.Hum, Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt, dan Oka Rasmini.

Kegiatan seminar nasional sudah dimulai pada pukul 13.30 WITA dan langsung pemaparan materi kemudian disusul dengan sesi diskusi. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 147 orang yang berasal dari 44 perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia. Kemudian panitianya berjumlah 80 orang yang merupakan mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana. Persiapan kegiatan ini sudah dilakukan sejak tiga bulan sebelumnya.

Chresna Satyavadini selaku ketua panitia dalam kegiatan ini berharap semoga mahasiswa yang pertama kali datang ke Bali bisa tahu bahwa sastra di Bali tidak jauh berbeda dengan sastra di daerah lainnya. Sehingga komunikasinya mampu berkesinambungan dan terhubung antar sesama mahasiswa sastra Indonesia. “Saya sangat senang karena mahasiswa dari luar Bali antusias mengikuti kegiatan ini yang juga pertama kalinya Program Studi Sastra Indonesia Universitas Udayana menjadi tuan rumah dalam kegiatan nasional,” ungkapnya.

“Kegiatan seperti ini sangatlah penting supaya antar mahasiswa sastra Indonesia bisa saling mengenal satu sama lain. Saya mengikuti kegiatan ini bertujuan untuk dapat menambah banyak teman, karena dengan banyaknya teman maka bisa mendapatkan ilmu lagi dari mereka yang berasal dari macam-macam perguruan tinggi. Selain itu saya puas bisa berada di Bali ini karena para panitianya terbuka dan seru,” ungkap Mayang Isnaini salah satu peserta dalam kegiatan ini yang merupakan mahasiswi dari Universitas Diponegoro Semarang. (Sumber: www.unud.ac.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *