INHULingkunganPemerintahan

Sebanyak 154 Rumah Penduduk Terendam Banjir

Banjir di Rokan Rulu- Riau
Ilustarsi gambar

RENGAT, Riau Andalas.com – Camat Batang Gansal H. Suhardi mengatakan bahwa akibat hujan deras  pada Selasa, 15 Nopember 2016 sekitar pukul 18.30 WIB hingga pukul 22.00 WIB mengakibatkan rumah penduduk Desa Penyaguhan Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Inhu sebanyak 154 unit terendam banjir.
“Sebanyak 154 rumah penduduk Desa Penyaguhan Kecamatan terendam banjir hingga masuk ke dalam rumah penduduk setinggi 30 cm atau setinggi lutut kaki orang dewasa,” ujarnya kepada wartawan melalui via ponselnya, Rabu (15/11).
Dikatakannya, kita sudah turun langsung meninjau banjir di Desa Penyaguhan, dimana rumah penduduk sebanyak 154 unit dengan jumlah 500 jiwa  yang terendam banjir setinggi lutut kaki orang dewasa  hingga saat ini belum ada mengusi tapi masih bertahan di dalam rumah masing-masing.
Pihak Pemerintah Kecamatan sudah melaporkan ke Pemerintah Kabupaten Inhu melalui Kantor Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Inhu guna menurunkan bantuan berupa perahu karet dan membangun berupa tendah untuk di lokasi banjir tepatnya di Balai Desa  guna tempat pengusian korban banjir.
Disamping itu juga, pihak Pemerintah Kecamatan Batang Gansal  telah menyampaikan surat ke Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Pemerintah Kabupaten Inhu guna untuk menyalurkan bantuan sembako untuk kebutuhan masyarakat yang kena korban tersebut nantinya.
Karena sambungnya akibat banjir yang melanda rumah penduduk Desa penyaguhan Kecamatan Batang Gansal, masyarakat tidak dapat melakukan aktivitas sebab lahan pertanian masyarakat juga digenangi air banjir akibat luapan sungai Batang Gansal tersebut.
“Disamping itu juga, akibat banjir yang melanda rumah penduduk masyarakat Desa Penyaguhan Kecamatan Batang Gansal saat ini ternak sapi milik masyarakat sedang melakukan evakuasi ke lokasi yang lebih tinggi,” katanya.
Kepala Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemerintah Inhu, Paino mengatakan, “Saat ini sudah diturunkan petugas penangulangan bencana termasuk bantuan berupa tenda saat ini  ke lokasi banjir Desa Penyaguhan Kecamatan Batang Gansal untuk membantu masyarakat yang kena bencana banjir tersebut. Kemudian juga, akibat hujan yang sangat ekstrim saat ini Kabupaten Inhu bukan lagi siaga tiga, tapi sudah masuk level siaga dua karena sungai Indragiri terus naik dari hulu,” ucapnya. (yhs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *