LingkunganPemerintahanRohul

Akibat Kemarau, Warga Batang Kumu Tambusai Berebut Air Bersih dari BPBD Rohul

air-bersih-bpbd-rohul

ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Ratusan warga Desa Batang Kumu Kecamatan Tambusai, Rabu (12/10/2016) Berebut mendatangi mobil  tangki air bersih milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Rokan Hulu.

Daerah tersebut sejak empat bulan terakhir mengalami kekeringan dan krisis air bersih. Asnah (50) salah satu warga batang kumu berharap agar pengiriman air bersih ini dapat dilaksanakan secara rutin selama musim kemarau.

”Kami sangat terbantu dengan adanya bantuan air bersih ini. Semoga ini bisa dilaksanakan rutin. Apalagi selama kemarau ini sumur-sumur pada kering semuanya,” katanya.

Dijelaskannya, selama ini untuk mendapatkan air bersih, warga harus mengambil air di sungai Batang Kumu yang kondisinya kotor dan tak layak konsumsi. Itu pun jumlah yang didapatkan juga cukup terbatas. Makanya ke depan ia berharap agar pemerintah bisa memberikan solusi yang permanen terhadap permasalahan rutin krisis air.

”Kami berharap ke depan bisa mencarikan solusi untuk mengatasi permasalah air bersih. Sebab hampir setiap musim kemarau tiba, warga susah untuk mendapatkan air bersih,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Rohul, Aceng Herdiana melalui Plt Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Syafei Nur mengaku dalam musim kemarau ini, pihaknya menyediakan satu unit Mobil tangki untuk mengangkut air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kami selama musim kemarau ini setiap harinya mengantar pasokan air bersih ke daerah-daerah yang membutuhkan. Tentunya air bersih ini didapatkan warga tanpa dipungut biaya apapun,” ungkapnya.

Sebelum mengantarkan air bersih di Desa Batang Kumu Tambusai, BPBD Rohul kata Syafei sudah menyalurkan air bersih di Lima desa di kecamatan Rambah Hilir dan beberapa desa di Kecamatan Rambah Samo.‎** Alfain **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *