JambiSosial&Budaya

MUI : “Teliti aspek Kesehatannya Sebelum Membeli Hewan Kurban.”

 

SAPI MADURA - foto gambar sapi lengkap - usahaternak

 

JAMBI, Riau Andalas.com-Pemerintah sudah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Senin 12 September 2016. Seperti biasa, menjelang Idul Adha penjualan hewan kurban akan mengalami peningkatan, termasuk di Kota Jambi.

 

Terkait hal ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Jambi mengimbau kepada masyarakat, khususnya umat muslim, agar teliti sebelum membeli, supaya hewan yang akan dikurbankan telah memenuhi kriteria.

 

Wakil Ketua MUI Kota Jambi, Husin Abdullah, mengatakan yang perlu diteliti sebelum membeli hewan kurban diantaranya dari aspek kesehatannya. “Kita teliti kesehatannya dan umur hewan yang akan dibeli untuk dikurbankan,” ujar Husin, Sabtu (3/9).

 

Kriteria hewan yang sudah layak untuk dikurbankan itu diantaranya untuk sapi dan kerbau, usianya minimal sudah dua tahun, sedangkan untuk kambing/domba usianya minimal 1,5 tahun. “Kalau umurnya kurang tidak bisa,” jelasnya.

 

Selain itu, Husin mengatakan pihaknya juga menganjurkan panitia kurban agar satu hari menjelang Hari Raya Idul Adha 2016 ini, hewan ternak sudah harus berada di lokasi kurban.

 

“Kalau malam hari baru diantar ke lokasi kurban, dikhawatirkan pas pagi harinya saat mau dilakukan penyembelihan ternyata tidak memenuhi kriteria, disitu banyak yang ketipu pada kriteria umur hewan kurban,” ujarnya.

 

“Jika hewan ternak yang akan dikurbankan tersebut tidak memenuhi kriteria dan syarat yang telah diatur pada syariat Islam, maka ibadah kurbannya menjadi tidak sah,” tambah Husin.

 

MUI bersama dengan pihak terkait akan mensosialisasikan dan memonitoring hewan ternak ke tingkat pedagang dan peternak terkait dengan kriteria hewan yang layak untuk dikurbankan.(sumber:MetroJambi.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *