PemerintahanRiau

Uji KIR Kendaraan di Rohul Meningkat 15 Persen Menjelang Lebaran

YUSOM

Rokan Hulu, Riau Andalas.com –  Unit Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishublominfo) kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Menjelang Lebaran 1437 Hijriah Tahun 2016 mengalami peningkatan 15 persen permintaan uji kelaikan jalan (KIR).

Setiap kali menjelang Lebaran, terjadi lonjakan permintaan KIR kendaraan hingga mencapai 15 persen dari hari biasa,” kata Kepala UPT PKB Dishubkominfo Rohul, Yusom, Rabu (15/6/2016) di Pasir Pengaraian.

Dikatakannya, jelang lebaran tiap harinya jumlah angkutan umum dan pribadi yang diuji bisa mencapai 25-30 unit kendaraan dari hari biasa rata-rata hanya 15 kendaraan. Dari Jenis kendaraan yang diuji KIR di PKB Rohul itu adalah kendaraan angkutan barang dan kendaraan umum dan pribadi.

Dari puluhan kendaraan yang diuji setiap harinya, banyak juga kendaraan yang tak layak jalan. Sehingga UPT PKB merekomendasikan pemilik kendaraan untuk melengkapi kembali dan bisa menguji kembali KIR kendaraannya.

Pelayanan uji KIR sendiri, kata Yusom berlaku selama 6 bulan, bagi kendaraan telah lulus akan diberi tanda. Yusom menjelaskan meski begitu sopir atau pemilik kendaraan tetap wajib memeriksakan kendaraanya secara berkala.

“Agar setiap hari tetap layak jalan seperti memeriksa rem, kopling, ban, dan kelengkapan lainnya,” ajak Yusom.

Lebih lanjut dikatakannya, manfaat dari Uji KIR sendiri selain untuk kelaikan jalan kendaraan, juga dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalu-lintas terlebih lagi nanti saat mudik lebaran. Mobilitas kendaraan akan meningkat. Sehingga Uji KIR ini sangat wajib dilakukan.

“Uji KIR ini sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir terjadinya lakalantas. Untuk itu marilah kita selalu waspada dengan rutin menguji KIR kendaraan,” pungkasnya.( Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *