LingkunganPolitikRiau

Ciptada Riau Gesah Bangun DAS

Banjir di jalan  kota Pekanbaru
Banjir di jalan kota Pekanbaru

Pekanbaru, Riau Andalas.com-Atasi bencana banjir Pekanbaru, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Sumber Daya Air (Ciptada) Riau gesah pembangunan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Jalan Soekarno-Hatta menuju Jalan Riau.

Menurut Kepala Dinas Ciptada Provinsi Riau, Dwi Agus Sumarno. DAS tersebut merupakan kunci mengatasi persoalan banjir yang terjadi di Pekanbaru. Untuk pembaangunan harus digesah. Agar kedepan Pekanbaru tidak lagi menagalami banjir karena memiliki DAS yang baik.

“Akar permasalahanya ada pada DAS, untuk itu kita bangun DAS yang lebih baik,” kata Dwi Jumat (10/6)

Dijelaskanya, banjir ini bukan lagi permasalahan baru di Pekanbaru, tapi telah berulangkali setiap tahun. Dimana fenomena banjir ini berbeda dengan banjir musiman yang terjadi di luar kota yang berada rendah dan aliran sungai.

“Kita akui, sudah berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Kota Pekanbaru untuk mengatasi banjir, namum masih kurang berhasil.  Karena kebanyakan usaha yang dilakukan lebih bersifat mengatasi keadaan darurat, yang sifatnya hanya sekadar untuk menunda terjadinya banjir, bukan mengatasi akar persoalan sumber penyebab utamanya,” katanya.

Sedangkan DAS yang dibangun tersebut saat ini sudah dimulai pada dari sungai air hitam yang berada Jalan Sukarno Hatta menuju Jalan Riau. Dimana aliran sungai itu dibuat mulai dari Jalan Bakti sampai ke persiampangan SKA, dan dari SKA terus nyambung sampai ke Jalan Riau. Sedangkan untuk cabang-cabang anak sungainya akan dilakukan pengerukan agar air mengalir dengan lancar sampai menuju Sungai Air Hitam.

“Pembangunan ini, kita juga akan koordinasikan dengan Pemko Pekanbaru yang kedepanya bisa bersama-sama untuk menjaga dan mempelihara DAS dengan Baik,” tuturnya. (Dri)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *